Surat Tulisan Tangan Steve Jobs Dilelang Rp 4 Miliar, Apa Isinya?

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 24 Okt 2021 16:29 WIB
Steve Jobs Meninggal dunia
Foto: Getty Images
Jakarta -

Surat tulisan tangan Steve Jobs saat usianya baru 18 tahun bakal dilelang. Namun, siapa saja yang ingin mendapatkan benda eksklusif dari pendiri Apple itu harus merogoh kocek yang tidak sedikit.

Rumah lelang Inggris Bonhams akan melelang surat yang ditulis Jobs kepada teman masa kecilnya Tim Brown, pada 3 November dikisaran harga US$ 200 ribu dan US$ 300 ribu atau Rp 2,8 miliar-Rp 4,3 miliar (asumsi kurs: Rp 14.300). Demikian disadur detikcom dari CNBC, Minggu (24/10/2021).

Surat yang ditulis Jobs itu tertanggal 23 Februari 1974, hanya sehari sebelum ulang tahun ke-19 Jobs dan lebih dari dua tahun sebelum dia dan Steve Wozniak mendirikan Apple. Bonhams menggambarkan koleksi itu sebagai surat tulisan tangan pertama Steve Jobs yang dijual di lelang.

Seperti apa isi surat tersebut? Jobs memulai surat itu dengan menanggapi beberapa korespondensi sebelumnya dari Brown, menulis dalam huruf kecil semua.

"tim saya telah membaca surat Anda berkali-kali / saya tidak tahu harus berkata apa. banyak pagi telah datang dan pergi / orang-orang datang dan pergi / saya telah mencintai dan saya telah menangis berkali-kali. Aku entah bagaimana, di balik itu semua tidak berubah - kau mengerti?" tulis Jobs dalam suratnya.

Jobs dan Brown bersekolah di Homestead High School di Cupertino, California tempat Apple sekarang bermarkas. Kedua sahabat itu tetap berhubungan sepanjang hidup mereka sampai kematian Jobs pada tahun 2011, sebagaimana disebutkan dalam profil LinkedIn milik Brown.

Bersambung ke halaman selanjutnya.