ADVERTISEMENT

Hoaks Sering Bikin Resah dan Ganggu Ekonomi, Bagaimana Solusinya?

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 24 Okt 2021 20:46 WIB
Poster
Foto: Edi wahyono

Senada dengan Hasyim Gautama, Najamuddin Amy juga menjelaskan bahwa tujuan monitoring isu ini adalah sebagai fungsi komando dan olah data, yakni untuk mendeteksi dan mengantisipasi secara dini isu yang bergulir di tengah masyarakat.

Juga sebagai analisis informasi publik serta kebijakan dan publikasi, di mana memanfaatkan hasil dari trending topik dan analisis sentimen untuk membaca aspirasi atau isu yang sedang berkembang di masyarakat, kemudian menjadikannya sebagai salah satu sumber pijakan dalam penentuan kebijakan.

"Bentuk monitoring isu pemerintah Provinsi NTB ialah dengan memiliki Sistem Komando Terpusat yang secara terus menerus memonitor isu publik sebagai wujud Management Trust," jelas Najamuddin.

Praktisi Analisis Media Sosial, Ahmed Kurnia mengatakan, isu publik yang tidak ditangani dan dikelola dengan baik bisa memicu konflik yang berujung pada krisis yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

"Isu bisa muncul apabila ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan terhadap implementasi kebijakan yang diinginkan publik dan jika kesenjangan itu terus membesar maka akan memicu konflik atau krisis," jelas Ahmed.


(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT