Pelita Air Mau Gantikan Garuda Indonesia? Begini Profilnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 25 Okt 2021 10:11 WIB
Pesawat akan dilelang DJKN
Pelita Air Mau Gantikan Garuda Indonesia? Begini Profilnya

Pelita Air juga punya unit pemeliharaan sendiri, namanya PT IndoPelita Aircraft Services. Unit usaha ini memiliki kemampuan dan keahlian untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan.

Mereka juga memiliki lapangan terbang eksklusif di Lapangan Terbang Pondok Cabe. Di sana fasilitas yang dimiliki Pelita Air terdiri dari hanggar, gudang dan landasan pacu sepanjang 2.000 meter.

Dari sisi armadanya, Pelita Air mengoperasikan beberapa armada antara lain pesawat rotary wing dan fixed wing untuk melewati seluruh medan Indonesia. Diantaranya, ATR 42-500, ATR 72-500, CASA 212-200, AT 802, Bell 412 EP, Bolkow NBO-105, Sikorsky S76 C++, Sikorsky S76-A, Bell 430.

Menyoal kabar Garuda diganti Pelita Air, Kementerian BUMN sendiri susah menegaskan opsi itu belum dibicarakan. Saat ini pemerintah masih mencoba menyelematkan Garuda, salah satunya dengan melakukan negosiasi utang.

"Soal opsi mengenai Pelita itu nanti lah ya. Yang utama sebenarnya adalah kita sekarang ini berusaha, terus berjuang, dan untuk bisa bernegosiasi dengan para lessor, pihak-pihak yang memiliki piutang dengan Garuda. Itu yang utama dan opsi itu yang pertama ya, kita dahulukan," jelas Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga kepada wartawan.


(hal/fdl)