Sri Mulyani Pede Serangan Delta Tak Terlalu Dalam buat Ekonomi RI

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 25 Okt 2021 11:30 WIB
pOster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis ekonomi Indonesia pada kuartal III akan tumbuh lebih baik dari perkiraan sebelumnya. Serangan varian delta sempat membuat ekonomi Indonesia seret, namun berbagai indikator positif sejauh ini memberi optimisme dampaknya tak terlalu dalam buat pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

"Kita optimis untuk revisi kuartal 3. Outlook membaik jadi 4,3%. Memang dibanding kuartal 2 turun, tapi kalau kuartal 3 ada delta varian yang tinggi, itu yang sebabkan ada koreksi pemulihan ekonomi di kuartal 3. Namun koreksinya tidak terlalu dalam bisa bertahan," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (25/10/2021).

Dengan demikian, secara keseluruhan 2021, Sri Mulyani pede pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 4%. Dia bilang, kinerja untuk kuartal 4 berpotensi untuk naik lagi namun lebih normal.

"Rebalancing berbagai kegiatan ekonomi di China, AS, dan Eropa akan pengaruhi outlook kuartal 4 dan tahun depan. Overall tahun ini pertumbuhan 4%, kuartal 3 4,3%" jelasnya.

Sebelumnya Sri Mulyani menjelaskan berbagai indikator pertumbuhan ekonomi dalam negeri membaik dalam beberapa waktu terakhir. Daya beli membaik terbukti dari konsumsi yang meningkat, ritel tumbuh dengan pesat, neraca perdagangan masih bisa terus surplus, hingga investasi dan penjualan barang niaga yang masih tumbuh di 60%.

"Ini yang menimbulkan optimisme terhadap kegiatan ekonomi Indonesia." ucapnya.

(toy/eds)