Asyik! Penerima BSU Diperluas ke 1,6 Juta Orang

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 26 Okt 2021 15:49 WIB
Jakarta -

Kabar baik bagi pekerja sektor formal yang terdampak pandemi COVID-19. Pasalnya jumlah penerima bantuan subsidi gaji/upah (BSU) diperluas ke 1,6 juta orang.

"Penerima BSU diperluas dan ini sesuai usulan dari Kemenaker," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual 'Evaluasi Program PC-PEN dan Optimalisasi Anggaran Program PEN 2021', Selasa (26/10/2021).

Sebelumnya bantuan subsidi upah hanya diberlakukan untuk mereka yang dikenakan PPKM level 4 dan 3, dengan target penerimanya adalah 8.783.350 dan DIPA Rp 8,7 triliun.

Dari situ, kata Airlangga, terdapat sisa anggaran. Untuk itu, bantuan subsidi upah diperpanjang ke 1,6 juta orang dengan anggaran Rp 1,6 triliun.

"Ini diharapkan bisa dilaksanakan dan tidak ada perubahan dari kriteria penerima. Dengan sisa anggaran ini akan ada perluasan sebanyak 1,6 juta sasaran pekerja dan jumlah anggarannya Rp 1,6 triliun," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan adanya tambahan penerima bantuan subsidi upah diharapkan dapat membantu pekerja yang masih terdampak varian Delta COVID-19.

"Ada sisa anggaran yang kemudian akan digunakan untuk perluasan bantuan subsidi upah. Akan bertambah penerimanya di seluruh Indonesia sejalan dengan beberapa daerah di Indonesia yang masih mengalami pemulihan setelah terkena varian Delta waktu lalu," jelasnya.

(aid/dna)