ADVERTISEMENT

Gurita Bisnis Kaesang yang Diam-diam Jadi Komisaris RANS Punya Raffi Ahmad

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 27 Okt 2021 06:16 WIB
PSSI menggelar Kongres Tahunan di Hotel Raffles, Jakarta, Sabtu (29/5/2021). Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep hadir dalam kongres tersebut.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Kaesang Pangarep diam-diam jadi Komisaris RANS Entertainment. Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu selama ini lebih dikenal sebagai pengusaha dan Youtuber.

Kabar Kaesang Pangarep jadi Komisaris RANS Entertainment diketahui dari undangan acara yang beredar terkait kerja sama perusahaan yang didirikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina itu dengan Grup Emtek.

"Dua grup yang bergerak di bidang media dan hiburan ini (RANS dan Emtek) mengumumkan kemitraannya, sekaligus akan kerja sama menayangkan sejumlah program pilihan melalui platform RANS dan Emtek," tulis undangan tersebut.

Kaesang Pangarep memang dikenal sebagai anak muda berbakat sehingga tidak heran jika dia ditunjuk jadi Komisaris RANS. Di usianya yang masih kepala dua, sudah memiliki deretan bisnis mulai dari fesyen, hingga kuliner.

Terlebih sejak sang kakak, Gibran Rakabuming jadi Wali Kota Solo. Semua bisnis diserahkan kepadanya sehingga membuat deretan bisnis Kaesang Pangarep semakin panjang. Dirangkum detikcom, berikut deretan bisnisnya:

1. Hompimpa Games

Ini adalah bisnis hiburan yang menjual berbagai macam produk board game dengan merk Hompimpa Games. Board game yang dihadirkan Kaesang Pangarep membawa pesan toleransi dan nilai-nilai budaya Indonesia dengan jenis-jenis permainan tradisional Indonesia.

2. Sang Javas

Selanjutnya ada Sang Javas, merk clothing line dengan gambar kecebong. Gambar Kecebong dalam desain kaosnya menarik perhatian netizen saat kaos ini pertama kali diluncurkan.

Menurut Kaesang Pangarep, gambar kecebong layaknya potongan komik pada bagian depan kaus terinspirasi dari perilaku masyarakat di media sosial. Di Indonesia, Cebong sendiri merupakan panggilan untuk pendukung berat Jokowi saat pemilihan presiden beberapa waktu lalu.

3. Sang Pisang

Ini menjadi bisnis yang paling besar milik Kaesang Pangarep yang kini sudah tersebar di 25 kota dengan lebih dari 73 outlet.

Diluncurkan pada November 2017, kuliner berbahan baku pisang ini dibangunnya bersama Ansari Kadir. Hingga saat ini, karyawan Sang Pisang telah berjumlah lebih dari 1.500 orang.

4. Ternakopi

Selanjutnya adalah bisnis minuman olahan kopi dengan nama Ternakopi. Bisnis ini dijalankannya bersama dengan Gibran Rakabuming.

5. Madhang

Kaesang juga meluncurkan aplikasi Madhang yang menjembatani ibu-ibu yang jago masak dengan pembeli. Aplikasi ini membantu banyak ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial.

Lihat juga video 'Alasan Fenomena Artis Beli Klub Bola Menurut Menpora':

[Gambas:Video 20detik]



6. Siap Mas

Masih di bidang kuliner, Kaesang juga membentuk brand Siap Mas. Usaha ini menghadirkan produk minuman dan makanan ringan seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket.

7. Mangkok Ku

Yang paling mutakhir adalah bisnis restoran yang dilakukan bersama dengan Chef Arnold Poernomo dan Sang Kakak, Gibran dengan nama Mangkok Ku. Berhubung sang kakak terjun ke dunia politik, bisnis yang berlokasi di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat ini diserahkan kepada Kaesang Pangarep.

8. Chili Pari

Bisnis Gibran lainnya yang diserahkan ke Kaesang Pangarep adalah Chili Pari, yang merupakan usaha katering. Usaha ini didirikan sejak Desember 2010 lalu.

9. Markobar

Lalu Markobar yang menjual aneka martabak. Selain makanan, bisnis Gibran yang diserahkan ke Kaesang Pangarep juga mencakup bisnis di bidang reparasi produk Apple dengan nama Icolor dengan konsep jemput bola.

Gibran juga memiliki bisnis e-commerce dengan berjualan jas hujan bermerek Tugas Negara Bos. Jas hujan ini dijual melalui online di sejumlah aplikasi belanja online.

10. Goola

Untuk minuman ada juga startup kuliner bernama Goola. Bisnis ini awalnya milik Gibran dan diserahkan ke Kaesang Pangarep dengan menawarkan produk minuman tradisional khas Indonesia seperti Es Doger yang dikemas lebih modern.

(aid/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT