Andre Rosiade Desak Pemerintah Fokus Pada Opsi Penyelamatan Garuda

Mega Putra Ratya - detikFinance
Kamis, 28 Okt 2021 14:32 WIB
Andre Rosiade
Foto: Andre Rosiade
Jakarta -

Maskapai Nasional Garuda Indonesia sedang di ujung tanduk. Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade meminta Pemerintah fokus pada upaya penyelamatan Garuda.

"Kami dari Komisi VI DPR mendesak Pemerintah untuk tetap memberikan dukungan sepenuhnya kepada manajemen Garuda untuk menyelesaikan permasalahan PKPU," kata Andre kepada wartawan, Kamis (28/10/2021).

Garuda kini tengah menghadapi gugatan PKPU PT Mitra Buana Koorporindo. Gugatan tersebut terdaftar dengan nomor perkara 425/Pdt.Sus-PKPU/2021/PN Niaga Jkt.Pst.

Selain meminta Pemerintah mendukung Garuda menyelesaikan permasalahan PKPU, Andre juga meminta Pemerintah fokus pada upaya penyelamatan Garuda Indonesia.

"Kami terus mendesak Pemerintah agar fokus utama itu menyelamatkan Garuda, baru bicara opsi-opsi lain. Kita berkomitmen ingin menyelamatkan Garuda, baru kita bicara hal-hal lain, seperti Pelita Air Service dan lain-lain," ujar Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat ini.

Andre juga mendesak agar Manajemen Garuda menyelesaikan proposal penyelesaian antara Garuda dengan pihak lessor pesawat. Komisi VI DPR, kata Andre, hingga kini belum mendapat laporan perkembangan penyelesaian pihak Garuda dengan lessor.

"Kita tahu Garuda sudah meng-hire konsultan-konsultan asing untuk membuat proposal penyelesaian, sampai sekarang kami belum diberikan laporan perkembangannya," ujar Andre.

Soal laporan Serikat Pekerja Garuda terhadap Dirut, Andre meminta Kementerian BUMN turun tangan. Andre meminta Kementerian BUMN segera menyelesaikan masalah tersebut agar tidak mengganggu upaya penyelamatan Garuda.

"Kita tidak ingin masalah ini mengganggu. Kementerian BUMN kita harapkan segera memanggil Direksi Garuda dan pihak Serikat untuk menyelesaikan masalah ini," tutur Andre.



Simak Video "Keuangan Berdarah-darah, Ini Daftar Armada Garuda Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mpr/ara)