Megawati Ngaku Dicurhati Sri Mulyani soal Anggaran Bencana, Begini Isinya

Siti Fatimah - detikFinance
Kamis, 28 Okt 2021 18:21 WIB
Apa Itu BRIN? Megawati Kini Jadi Dewan Pengarah
Foto: Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (Foto: Tangkapan layar YouTube)

Megawati pun setuju dengan pernyataan itu dan menekankan Indonesia berada di wilayah cincin api (ring of fire) Pasifik. Al Gore lalu menunjukkan peta prediksi bencana kepada Megawati.

"'Ini lihat, akan terjadi disaster, Mega. Kalau tidak semuanya awareness (kesadarannya)-nya itu kuat, kewaspadaannya kuat dari seluruh dunia, (maka akan hancur)'. Jadi tidak hanya asal ngomong. Beliau bilang begitu. Karena apa? Akibat pemanasan global," kata Megawati.

Megawati juga membagikan pengalamannya ke Bhutan, salah satu negara yang diawasi oleh badan PBB, UNESCO. Sama seperti Nepal, Bhutan juga berada di bawah Pegunungan Himalaya yang penuh es. Namun akibat pemanasan global, es itu mencair dan patah-patah.

"Saya menceritakan ini adalah bukan dengan maksud menakuti, tidak. Ini adalah sebagai sebuah pengetahuan kita. Mengapa sekarang kita tidak bisa lagi berpikir normal. Rasanya ya sudah SOS," sambung Megawati.

Megawati mengatakan kondisi Indonesia tak berbeda krusialnya dengan negara tersebut. Dia juga menyampaikan keluhan Menteri Keuangan, Sri Mulyani terkait besarnya kerugian finansial ketika terjadi bencana alam.

"Tolong, saya bukan mau sok-sokan. Saya ingin berbagi pengalaman. Bahwa ini sebenarnya bisa (kita antisipasi) asal kita gotong royong. Sebelum terjadi bencana, jadi pencegahan dan pasca-bencana sudah direncanakan, lalu diorganisir," jelas Megawati.


(dna/dna)