Lihat Lagi Isi Curhatan Sri Mulyani ke Megawati soal Anggaran Bencana

Siti Fatimah - detikFinance
Jumat, 29 Okt 2021 06:15 WIB
Isu Megawati Sakit Hoax, Ini 3 Kabar Terbarunya
Megawati Soekarnoputri/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat dicurhati Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengenai kerugian akibat bencana alam. Kerugiannya tak tanggung-tanggung hingga triliunan rupiah.

"Saya tanya dengan Ibu Menteri Keuangan. Ibu, Sri Mulyani. Beliau tuh sampe bilang gini, 'aduh ibu, kerugian akibat bencana alam, saya belum nanya bencana konflik itu masuk udah triliunan ibu'," ungkap Megawati dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (28/10/2021).

Ungkapan tersebut ia sampaikan saat berbicara mengenai potensi kerugian akibat bencana di Indonesia. Meski tak dijabarkan secara rinci mengenai jumlah triliunan itu, disebutkan belum termasuk kerugian bencana akibat konflik.

Mengenai kerugian biaya ini juga bukan yang pertama kali ia sampaikan. Sebelumnya pada pelatihan bencana yang digelar pada 4 Agustus 2021, Megawati kembali membicarakan mengenai potensi kerugian.

"Kerugian akibat bencana itu kalau juga tidak percaya, saya sudah ngomong sama Bu Ani (Sri Mulyani), saya nanya. Saya kan manggilnya mbak, mbak nek kerugian bencana itu gede opo ora (besar atau tidak), dihitung gede lho bu. Apa artinya harusnya jangan kejadian, supaya sampai kerugian bencana, sudah gede begitu kan harus diperbaiki," tutur Megawati kala itu.

Selain itu, Megawati juga mengungkapkan menangani ancaman bencana alam di Indonesia yang sangat tinggi. Dia mengingatkan agar kepala daerah tak lalai terhadap ancaman bencana alam.

"Dengan segala hormat, saya merasa ini sebetulnya terjadi yang namanya bencana alam itu karena kelalaian, termasuk dari pimpinan-pimpinan daerah yang kurang menanggapi. Bahwa (bencana alam) ini sebetulnya paling tidak bisa dihindari dengan tentunya bantuan teknologi, dan kesadaran manusianya sendiri," ungkapnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Simak video 'Kala Megawati Ingin PDIP Menang Terus, Meski Presiden Cuma 2 Periode':

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Jabatan Megawati di Era Jokowi: BPIP dan BRIN"
[Gambas:Video 20detik]