ADVERTISEMENT

Ada Facebook cs, Apa Untungnya buat UMKM RI?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 29 Okt 2021 09:49 WIB
Jakarta -

Berbagai platform digital kini melekat erat dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sebut saja ada Facebook, Gojek, Grab dan lain sebagainya. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pun angkat bicara peran mereka terhadap bisnis UMKM. Seberapa besar?

"Selama ini mereka bersama kita banyak melakukan pendampingan, pelatihan, kurasi produk supaya UMKM kita bisa on boarding. Walaupun memang tantangan di e-commerce ini tidak mudah, karena di sini kita juga harus bersaing dengan produk-produk dengan brand kuat, dari industri juga, termasuk juga kapasitas produksi. Sebab, apabila tidak memenuhi kebutuhan pasar dalam waktu cepat ya ditinggal," katanya dalam acara Blak-blakan detikcom, Jumat (29/10/2021).

Teten melanjutkan, saat ini pihaknya bekerjasama juga dengan aplikasi belanja online lintas negara (e-commerce cross border). Langkah ini sebagai upaya mendorong UMKM tembus pasar internasional alias go global. Apalagi, dia menambahkan, tren ritel ekspor lewat e-commerce saat ini tinggi.

"Karena orang dengan memanfaatkan sistem logistiknya e-commerce ekspor itu jadi murah, meskipun retail biaya logistiknya," terangnya.

Teten bilang, fenomena global yang terjadi saat ini ialah konsumen langsung terhubung dengan produsen. Sehingga, peran perantara atau middle man hilang. Maka itu, produk-produk UMKM harus betul-betul disiapkan baik dari sisi produk, kualitas, standar dan lainnya.

Baginya, kondisi ini akan menguntungkan UMKM lantaran produknya custom dan punya daya saing.

"Tren belanja sekarang bukan belanja brand massa, tapi yang unik-unik. Nah ini keunggulan yang saya kira kita punya, karena kita punya DNA seni yang luar biasa. Ini bisa menjadi basis atau fundamen dari produk-produk UMKM yang berbasis kreativitas," ujarnya.

(acd/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT