ADVERTISEMENT

Pakai Jurus Ini, RI Bisa Jadi Pusat Produsen Halal Dunia

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 29 Okt 2021 08:29 WIB
pelatihan halal
Pakai Jurus Ini, RI Bisa Jadi Pusat Produsen Halal Dunia
Jakarta -

Indonesia memiliki potensi besar menjadi pemimpin pasar halal dunia. Potensi ini bisa terwujud melalui kolaborasi strategis yang terintegrasi ekosistem industri produk halal dari hulu hingga hilir berbasis digital. Seiring dengan itu, Indonesia harus memiliki positioning, brand, dan diferensiasi produk halal yang diusung sebagai unggulan dunia.

Staf Khusus Wakil Presiden Lukmanul Hakim menegaskan salah satu refocusing Wakil Presiden Ma'ruf Amin mewujudkan Indonesia menjadi pusat produsen produk halal dunia pada 2024. Untuk mencapai itu perlu kolaborasi semua pemangku kepentingan menetapkan langkah-langkah strategis.

"Kita harus menentukan positioning Indonesia sebagai apa dalam ekonomi halal dunia," kata Lukmanul Hakim.

Lukmanul Hakim memaparkan momentum pandemi COVID-19 menjadi peluang bagi Indonesia untuk memperkuat ekosistem digital produk halal. Ia mencontohkan platform digital anggota Asosiasi Platfom Digital Eksport yang mampu menangkap peluang pasar ekspor melalui aplikasi digital.

"Saya melepas ekspor produk halal berbasis aplikasi digital," jelasnya.

Ia menjelaskan, Global Halal Hub dapat menjadi kanal dalam ekosistem produk halal. Melalui platform digital dapat memangkas jalur distribusi dan sekat (barrier) yang selama ini terjadi, sehingga memudahkan produsen produk halal, khususnya UMKM, menembus pasar ekspor.

Saat ini, ada tiga sektor unggulan yang dapat menjadi kekuatan produk halal Indonesia, yaitu makanan halal, fesyen dan kosmetika.

"Kadin melihat potensi makanan halal sangat besar untuk pasar domestik dan ekspor. Positioning Indonesia sebagai halal food manufacturer dunia," ungkap Waketum Kadin Juan Permata Adoe. Juan menyebutkan Indonesia dapat menjangkau konsumen dan retailer internasional dengan diferensiasi inovatif, kreatif, terpercaya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT