ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Jelang Tahun Baru, Bansos Rp 600.000 Bakal Cair Lagi

Siti Fatimah - detikFinance
Sabtu, 30 Okt 2021 12:45 WIB
Indonesian Rupiah - official currency of Indonesia
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Yoyochow23
Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) akan memberikan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat pra sejahtera. Bantuan tersebut akan disalurkan dengan nominal sebesar Rp 300 ribu/bulan di akhir tahun.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto. Nantinya, bantuan akan diberikan kepada masyarakat yang sudah terdata di 35 kabupaten/kota prioritas. Khususnya yang berada dalam kategori kemiskinan ekstrem sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS).

"Akan ada top up kartu sembako, ini menggunakan dana optimalisasi di Kemensos di mana November-Desember masing-masing Rp 300 ribu," kata Airlangga, dikutip Sabtu (30/10/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan data penerima bantuan sosial ini akan mengacu kepada penerima kartu sembako dan program keluarga harapan (PKH).

"Akan diberikan tambahan bantuan untuk penerima bansos yang paling miskin sekitar tiga bulan diberikan sebesar Rp 300.000. Ini sumber datanya adalah penerima kartu sembako dan yang juga menerima PKH dan kemudian diberikan akhir tahun," tandasnya.

Suahasil menyebut top up kartu sembako ini bukanlah program yang baru diberikan masyarakat.

"Jadi bukan program baru, sifatnya top up. Kemensos sekarang (sedang) mendetailkan nama dan alamatnya, kemudian melakukan top up atas pembayaran. Ini sebenarnya sudah dilakukan sejak 2020 sudah ada beberapa top up," tandasnya.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT