Rezeki Nomplok! Lagi Beres-beres Rumah, Eh Nemu Berlian Rp 39 M

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 30 Okt 2021 15:00 WIB
Berlian 70 karat Sultan Banjarmasin yang dulu dirampas Belanda, hendak dikembalikan. (Situs Rijksmuseum belanda: www.rijksmuseum.nl)
Ilustrasi/Foto: BBC Magazine

Menurut BBC, berlian itu juga telah dicek oleh para pakar di Eropa. Saat awal ditemukan, berlian itu ada di dalam kotak disimpan dengan cincin kawin perempuan tersebut dan sejumlah barang perhiasan murahan lain.

Awalnya berlian tersebut dikira zirkon CZ [cubic zirconia, berlian imitasi sintetis]. Kemudian, setelah dicek oleh para pakar di Antwerpen, Belgia, terbukti benda tersebut adalah berlian 34 karat.

Mark Lane menambahkan perempuan tersebut ingin identitasnya dirahasiakan. Namun, menurut Lane, perempuan itu memang kerap mengunjungi pasar barang bekas untuk membeli aneka pernak-pernik.

Bahkan, kata Lane, saat berlian tersebut ditemukan hampir saja mau dibuang ke tempat sampah, namun dicegah oleh tetangganya.

"Dia memberi tahu kami bahwa dia sedang bersih-bersih dan berlian itu hampir dibuang ke tempat sampah sebelum tetangganya menyarankan untuk membawa barang-barangnya kepada kami untuk ditakar nilainya," tutur Lane.


(hns/hns)