Syarat Penerbangan Terbaru Tak Wajib PCR, Mulai Berlaku Kapan?

ADVERTISEMENT

Syarat Penerbangan Terbaru Tak Wajib PCR, Mulai Berlaku Kapan?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 02 Nov 2021 10:08 WIB
Suasana lengang di Terminal 3 Domestik Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (25/4/2020).  Kementerian Perhubungan menghentikan sementara aktifitas penerbangan komersil terjadwal dalam negeri terhitung mulai 25 April hingga 1 Juni 2020 dalam rangka pengendalian transportasi selama masa mudik Lebaran 1441 H untuk memutus penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/pras.
Syarat Penerbangan Terbaru Tak Wajib PCR, Mulai Berlaku Kapan?/Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Jakarta -

Syarat penerbangan terbaru kembali diubah oleh pemerintah. Setelah sebelumnya syarat harus melakukan tes PCR, kini kembali diubah cukup menggunakan tes antigen.

Padahal kurang dari dua minggu, pemerintah mengumumkan syarat dari antigen ke PCR. Kondisi ini disebut-sebut telah membuat masyarakat kebingungan dengan syarat penerbangan terbaru yang berlaku saat ini.

Karenanya, untuk saat ini penting bagi masyarakat untuk mengetahui kalau saat ini tes PCR sudah tidak lagi menjadi syarat wajib untuk melakukan perjalanan udara.

Aturan Terbaru

Aturan ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, level 2 dan level 1 COVID-19 di Jawa dan Bali. Aturan ini ditandatangani Mendagri Tito Karnavian, Senin (1/11/2021).

Menanggapi hal ini, peneliti INDEF Abra Talatov mengungkapkan seharusnya sejak awal ketika kasus penularan sudah mengalami penurunan bisa menjadi parameter yang digunakan oleh pemerintah dalam mengambil kebijakan.

"Misalnya ketika kasus COVID-19 turun ke zona kuning dan hijau, harusnya jadi parameter masyarakat untuk mobilitas dan pemulihan sektor ekonomi dan penerbangan," kata dia saat dihubungi detikcom, Senin (1/11/2021).

Menurut dia, Indonesia seharusnya bisa mulai mengikuti tren di dunia yang di beberapa negara sudah tak lagi menggunakan PCR sebagai syarat penerbangan terbaru.

"Kalau ada kebijakan jangan maju mundur dan sering berubah-ubah dengan cepat, pasti akan bikin bingung masyarakat," ujarnya.

Kebijakan Bikin Bingung

Menurutnya, kebijakan yang sering berubah-ubah ini dapat berakibat terhadap banyak masyarakat. Apalagi sebelumnya pemerintah mengizinkan tes antigen sebagai syarat, lalu berubah PCR, lalu berubah lagi ke antigen. Perubahannya sangat drastis meski ada transisi tetap saja membuat bingung.

Abra mengatakan, masyarakat sebenarnya membutuhkan informasi yang akurat dan tepat untuk meningkatkan kepercayaan mereka terhadap pemerintah. "Pemerintah juga harus kredibel dalam menjelaskan informasi harus jelas dan gamblang, jadi memang harus matang dan terbuka soal PCR ini," jelas dia.

Oleh sebab itu, bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan udara, diingatkan kembali kalau untuk saat syarat penerbangan terbaru sudah tidak lagi mewajibkan tes PCR. Jangan sampai keliru ya.

Tonton Video: Timeline Kebijakan PCR Naik Pesawat yang Berubah-ubah

[Gambas:Video 20detik]




(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT