Peruri Gandeng Swasta Bikin Meterai Elektronik

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 05 Nov 2021 17:53 WIB
Sri Mulyani Luncurkan Meterai Elektronik
Foto: Dok. Kementerian Keuangan
Jakarta -

Meterai elektronik atau e-meterai Rp 10.000 mulai berlaku Oktober 2021. Perum Percetakan Uang RI (Peruri) adalah pihak yang menyediakan meterai elektronik tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut juga, PT Digital Prima Sejahtera, perusahaan digital swasta bekerja sama dengan PT Peruri Digital Security dalam penerbitan sejumlah produk digital termasuk meterai elektronik.

Kedua perusahaan bekerja sama dalam penerbitan Peruri Sign, Peruri Certificate, Peruri Stamps, E-Meterai dan Keyla untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik dan layanan keamanan digital lainnya.

Kerja sama tersebut sudah tertuang dalam MoU kedua belah pihak yang ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT. Digital Prima Sejahtera, Adios Purnama dan Direktur Utama PT. Peruri Digital Security, Hari Tjahya Wibowo .

Direktur Utama PT. Digital Prima Sejahtera, Adios Purnama mengatakan, pada era digital teknologi informasi telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Hal ini terus berkembang sesuai dengan kebutuhan system manajemen informasi yang transparan, real time dan didukung dengan fitur keamanan tingkat tinggi untuk melindungi setiap data dari pemalsuan.

"Menurut laporan Bank Indonesia untuk pertumbuhan angka transaksi digital di tahun 2021 telah berlangsung lebih dari 180 juta transaksi dan menyumbang lebih dari Rp. 500 triliun. Seiring dengan kompetisi bisnis yang semakin kompetitif pada sektor digital security, kami siap bersinergi dengan PDS untuk menyediakan produk digital document security. Kami telah tersertifikasi untuk menciptakan transformasi bisnis pada digital security platform yang menjamin ke-orisinalitas-an dan keamanan suatu produk," tegas Adios dalam keterangan resminya, Jumat (5/11/2021).

Nota kesepahaman ini juga merupakan salah satu bagian implementasi dari ISO 27001:2013 tentang penyediaan layanan e-commerce, platform digital dan aplikasi lainnya. Produk digital security dari PT. Digital Prima Sejahtera merupakan dokumen elektronik yang menawarkan garansi berupa otentifikasi legalitas dokumen elektronik, non-repudiation, intergrity dan confidentiality untuk memastikan informasi yang terjaga kerahasiaannya, aman
dan berlegalitas.

Direktur Utama DPS menyampaikan terima kasih kepada Peruri yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan untuk mendukung proses transformasi digital dalam rangka meningkatkan efektivitas kerja, pola kerja terpadu, terarah dan berkesinambungan. Ruang lingkup nota kesepahaman meliputi pemanfaatan produk dan layanan Peruri Digital Security seperti Peruri Sign, Peruri Certificate, Peruri Stamps, E-Meterai & Keyla.



Simak Video "Gimmick Marketing"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)