ADVERTISEMENT

Netizen Dukung Elon Musk Lepas Rp 300 T Saham Tesla Biar Bisa Bayar Pajak

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 08 Nov 2021 08:17 WIB
Elon Musk
Foto: Instagram @elonrmuskk
Jakarta -

Orang terkaya di dunia, Elon Musk mendadak bertanya kepada 62,5 juta pengikutnya di Twitter mengenai apakah dirinya harus menjual 10% saham di perusahaan mobil listrik miliknya, Tesla. Hasil penjualan itu untuk bayar pajak.

Dilansir dari BBC, Senin (8/11/2021), lebih dari 3,5 juta pengguna Twitter memberikan suara dalam jajak pendapat yang diluncurkan Elon Musk sejak Sabtu (6/11). Hasilnya hampir 58% memilih mendukung penjualan saham.

Kepemilikan saham Elon Musk di Tesla mencapai sekitar 170,5 juta saham hingga 30 Juni 2021. Jika dia menjual 10% saham, bisa membuatnya membuang US$ 21 miliar atau setara Rp 300,82 triliun (kurs Rp 14.325) saham di perusahaan mobil listrik itu.

Elon Musk telah berjanji akan mematuhi hasil jajak pendapat. Tetapi dirinya belum berkomentar lebih lanjut tentang putusan tersebut dan kapan akan menjual sahamnya.

Jika Elon Musk melanjutkan penjualan sahamnya di Tesla, itu bisa melepaskannya dari tagihan pajak yang besar.

Dalam tweet sebelumnya, Elon Musk mengatakan tidak menerima gaji atau bonus dari perusahaannya. Itu berarti, dia tidak memiliki penghasilan untuk membayar pajak penghasilan.

Meski begitu, Elon Musk telah menghasilkan miliaran dolar melalui paket kompensasi, yang memberinya kekuatan untuk menggunakan opsi saham dalam jumlah besar ketika perusahaan memenuhi target kinerja dan sahamnya mencapai harga tertentu.

(aid/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT