ADVERTISEMENT

Maskapai Ini Kerek Gaji Pramugari 3 Kali Lipat Jelang Natal-Tahun Baru

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 08 Nov 2021 09:51 WIB
Dallas, Texas, USA - November 12, 2015:  American Airlines airplanetaking off at Dallas - Ft Worth (DFW) Airport in Texas.
Ilustrasi/Foto: Getty Images/Aneese
Jakarta -

Maskapai American Airlines mengatakan kalau perusahaan akan memberi kenaikan upah kerja selama masa liburan untuk para pramugari. Dengan kata lain, maskapai ini akan menaikkan gaji para pramugari yang terbang di hari libur.

Melansir CNN, Senin (11/8/2021), hal itu disampaikan langsung oleh pihak maskapai dalam sebuah memo internal.

Menurut memo internal tersebut, dikatakan kalau setiap pramugari yang bekerja antara 23 November hingga 29 November dan 22 Desember hingga 2 Januari akan menerima gaji 150% premium.

Sedangkan bagi mereka yang tidak absen antara 15 November hingga 2 Januari akan menerima premi yang lebih tinggi, sebesar 300% gaji untuk jam kerja mereka selama periode liburan puncak.

"Pada jadwal ke depan, kami telah memastikan kalau (penerbangan selama) November dan Desember telah disusun untuk memenuhi permintaan pelanggan dan bahwa mereka sepenuhnya didukung oleh staf kami," kata COO David Seymour dalam sebuah catatan staf internal.

Kenaikan gaji selama liburan ini datang setelah sebelumnya maskapai ini mengalami krisis operasional selama hari libur Halloween. Karena krisis operasional ini, American Airlines terpaksa membatalkan ribuan penerbangan mereka yang sebagiannya dikarenakan adanya kekurangan staf.

Setelah belajar dari pengalaman, kini American Airlines mengatakan kalau sekarang ini perusahaan telah memiliki 24.000 pramugari aktif. Sehingga diharapkan, maskapai dapat memenuhi permintaan penerbangan selama masa liburan akhir tahun ini.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT