Deretan Skill yang Wajib Kamu Punya Kalau Mau Mudah Dapat Kerja

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 08 Nov 2021 14:42 WIB
Monitor view over a male shoulder, job search title on the screen, close up. Education, business concept photo
Foto: iStock
Jakarta -

Proses mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah terutama sejak dalam situasi pandemi COVID-19 seperti ini. Tidak jarang selama prosesnya menimbulkan rasa stres dan tidak sedikit ada rasa ingin menyerah.

Eits, jangan menyerah dulu. Penasihat Jobseeker.app Gita Wirjawan membagikan tips agar mudah mendapat pekerjaan, salah satu yang harus dimiliki pencari kerja adalah kemampuan berbahasa Internasional.

"Yang harus dipelajari adalah bahasa. Kita jangan terlalu meremehkan pengetahuan bahasa Internasional apakah itu Mandarin, Inggris, Arab, atau apapun lah," kata Gita dalam konferensi pers virtual, Senin (8/11/2021).

Gita yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Kepala BKPM era Presiden SBY menilai bahasa Internasional sangat penting untuk mencari pekerjaan, terlebih bahasa Inggris.

"Sekarang prospeknya atau peluangnya ini kebanyakan pembuahan lapangan kerja dalam bahasa Inggris, kalau kita lihat di luar Indonesia. Jadi kalau kita mau membantu pemerintah untuk membawa devisa agar makro ekonomi kita lebih kuat, mau nggak mau kita harus belajar bahasa Internasional," sebutnya.

Masyarakat juga akan jadi lebih mudah mendapat pekerjaan dengan kehadiran jobseeker.app yang baru diluncurkan. Ini adalah aplikasi yang fungsinya menghubungkan antara pencari kerja dengan pencari karyawan.

Penggunaan aplikasi pencari kerja ini cukup mudah, tinggal download aplikasinya melalui Google PlayStore, daftar dengan mengisi beberapa data seperti email hingga nomor telepon, lalu buat profile terbaik. Hanya dengan aplikasi ini, kamu bisa lihat semua lowongan pekerjaan dan langsung melamarnya.

Aplikasi pencari kerja ini juga menjangkau seluruh jenis pekerjaan mulai dari blue collar yang merupakan pekerjaan di bidang industri manufaktur (biasanya di bawah sarjana), white collar (untuk lulusan sarjana), pink collar yang identik dengan pekerjaan perempuan, hingga grey collar yang kemungkinan usianya sudah mencapai 50 tahun ke atas.

"Jadi teman-teman yang pengin bekerja lewat jobseeker.app dengan usia tersebut cukup download aplikasinya. Ini mesti mulai convert kalau tadinya tradisional, sekarang masuk ke aplikasi, bikin profile yang bagus, pengalaman, bisa kerja apa, jual profile Anda, nanti lowongan dari corporate akan mengalir ke Anda," kata CEO Jobseeker.app Chandra Ming dalam kesempatan yang sama.

(aid/eds)