Duh! Pelayan Restoran Ini Cuma Dapat Rp 143 Selama 6 Minggu, Kok Bisa?

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 08 Nov 2021 16:58 WIB
Waitress serving a group of friends at a restaurant and looking at the camera smiling
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Seorang wanita asal Tennessee, Amerika Serikat (AS) curhat di TikTok hanya menerima upah 1 sen atau sekitar Rp 143 selama enam minggu bekerja sebagai pelayan di restoran Nashville.

Dikutip dari New York Times, Senin (8/11/2021), wanita itu bernama Liny, pelayan berusia 25 tahun. Dia membagikan video dan memperlihatkan slip gajinya.

Upah minimum untuk karyawan tip di seluruh AS adalah US$ 2,13 atau sekitar Rp 30.384 per jam (kurs Rp 14.264). Namun, di Tennessee ada pajak jaminan sosial dan kesehatan yang dibayar dari pendapatan, sehingga Liny hanya mendapatkan upah US$ 0,01 dari atasannya.

Tidak disebutkan dengan jelas berapa jam Liny bekerja selama periode enam minggu, dan dia tidak mengungkapkan berapa banyak tip yang dia dapatkan dalam jangka waktu tersebut.

Namun, dalam keterangan videonya, pelayan itu menulis kepada pengikutnya di TikTok: "Tip server Anda!!!"

Banyak netizen marah pada unggahan Liny, beberapa di antaranya menyalahkan tempat ia bekerja.

"Salahkan bisnis tempat Anda bekerja, bukan konsumennya. Di negara lain, mereka tidak perlu memberi tip karena mereka membayar upah layak," ujar netizen itu.

"Saya dengan mudah menghasilkan US$ 4.400 (atau Rp 62 juta) sebulan sebagai server. Jangan biarkan cek kosong itu menipu Anda jika Anda melayani dan menghasilkan lebih dari yang Anda dapatkan sebagai tarif per jam," tulis komentar lainnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.



Simak Video "Sensasi Makan di Restoran yang Kebanjiran, Tertarik?"
[Gambas:Video 20detik]