Cerita Brand Sepatu Bandung yang Jadi 'Pahlawan' untuk Ekonomi Lokal

Atta Kharisma - detikFinance
Rabu, 10 Nov 2021 09:15 WIB
Cerita Brand Sepatu Bandung yang Jadi ‘Pahlawan’ untuk Ekonomi Lokal
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Hari Pahlawan menjadi momen mengenang perjuangan para pahlawan terdahulu yang bertempur di Surabaya pada 10 November 1945 demi mempertahankan kemerdekaan. Semangat para pahlawan di medan perang itu tidak terhenti sampai Indonesia merdeka saja, namun terus tertanam di benak seluruh masyarakat, termasuk dalam menghadapi pandemi seperti saat ini.

Di tengah-tengah pandemi, semangat juang para pahlawan tetap berkobar. Hal itu misalnya dilakukan oleh Muhammad Shidiq (31), pelaku usaha UMKM yang menjadi 'pahlawan' bagi masyarakat di sekitarnya lewat bisnis sepatu yang dia dirikan.

Memanfaatkan teknologi digital untuk terus berkembang, usaha miliknya kini bisa menjadi sumber pendapatan bagi ratusan karyawan. Tidak berhenti di situ saja, dia juga ikut memberdayakan komunitas sekitar seperti penjual dan pengrajin lokal.

Berawal dari perasaan miris ketika melihat banyak anak muda yang lebih senang membeli sepatu produk luar atau bahkan replikanya, Shidiq bersama dua orang sahabatnya bertekad untuk menghadirkan sepatu brand lokal yang tidak kalah bersaing. Impian tersebut terwujud pada tahun 2012 ketika mereka berhasil menciptakan Geoffmax, brand sepatu unik konsep old school sebagai ciri khas produknya.

"Bisnis Geoffmax kita mulai dari sebuah toko kecil di Bandung dan sekarang meluas ke berbagai daerah di Jabodetabek. Setelah beberapa tahun, kita lihat belanja online semakin trending, dan akhirnya mulai jualan di media sosial dan sekarang di e-commerce Shopee. Selama pandemi jadi tumpuan banget, bahkan 80% pesanan sekarang juga dari Shopee," jelas Shidiq dalam keterangannya, Selasa (9/11/2021).

Geoffmax pun tidak hanya berkembang di Bandung saja. Brand tersebut seringkali mengadakan kolaborasi dengan brand-brand lokal lain yang berada di luar Bandung, seperti Malang, Batu, Bogor, Banjarbaru, Bali, dan masih banyak lagi. Bersama Shopee, Geoffmax berhasil mencapai salah satu cita-citaanya untuk menjual produknya ke luar negeri.

"Gak nyangka juga sekarang bisa ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina. Setiap bulannya, ada ratusan produk yang udah bisa kita ekspor. Jualan ke luar negeri segampang jualan di Indonesia. Dibantu sama Shopee semuanya," tambahnya.

Kini, bisnis Shidiq tidak hanya bermanfaat untuk dirinya saja tapi juga komunitas sekitarnya. Melalui pabrik kecil, Geoffmax mampu menyerap ratusan karyawan dari kalangan masyarakat lokal.

"Kita bersyukur banget karena digitalisasi bisnis, usaha kita jadi bisa berkembang. Awalnya kita hanya memiliki 6 karyawan, setelah berjalan selama 9 tahun sekarang sudah bisa pekerjakan 150 karyawan. Bukan cuma, buat di kantor saja, komunitas sekitar kami juga diberdayakan melalui pabrik kecil Geoffmax yang menyerap ratusan karyawan dari masyarakat lokal," ungkap Shidiq saat ditanya apa arti Hari Pahlawan bagi dirinya.

Menurut pengakuan Shidiq, karyawan yang dia terima berasal dari berbagai macam daerah dan latar belakang. Ada yang berasal dari kalangan anak putus sekolah dan mereka yang tidak lulus SMA. Dia percaya selama memiliki etos kerja yang baik, semua orang berhak mendapatkan kesempatan untuk bekerja terlepas dari latar belakangnya. Shidiq juga bahkan mengambil bahan pembuatan sepatu dari penjual kain dan penjahit lokal yang ada di sekitar tempat produksi Geoffmax.

(akd/ega)