Tengok Lagi Logo GOTO yang Gugat GoTo Rp 2 Triliun

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 10 Nov 2021 20:30 WIB
GoTo
Logo GOTO/Foto: Dok Kemenkumham
Jakarta -

Penggunaan merek GoTo oleh Gojek dan Tokopedia saat aksi merger beberapa waktu lalu berujung gugatan Rp 2 triliun. Sebuah perusahaan bernama PT Terbit Financial Technology mengaku lebih dulu memakai merek produk bernama GOTO.

Alhasil, Gojek dan Tokopedia dituding plagiat dan melanggar hak atas merek. Gugatan sudah diajukan Terbit Financial Technology ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sejak tanggal 2 November. Gugatan soal hak atas merek ini memiliki nomor perkara 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst.

Dalam petitum gugatan yang dilihat di SIPP PN Jakpus, Senin (8/11/2021), disebutkan merek GOTO telah lebih dulu terdaftar pada Dirjen Kekayaan Intelektual Kemkumham dengan nomor IDM000858218 atas nama PT Terbit Financial Technology. Dengan begitu merek GoTo yang diusung Gojek dan Tokopedia saat merger telah melanggar hak atas merek.

Dari penelusuran detikcom pada laman Pusat Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM merek GOTO memang sudah ada dengan status (TM) Didaftar pada 25 Mei 2021.

Sementara tanggal penerimaan logo GOTO di Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkum HAM pada 10 Maret 2020, dan diumumkan tanggal 23 Maret 2020. Merek mulai dilindungi ditulis per 10 Maret 2020 hingga 10 Maret 2030. Merek GOTO itu dimiliki oleh PT Terbit Financial Technology.

Bila dibandingkan merek GOTO milik Terbit Financial Technology ditulis dengan 4 huruf berbentuk kapital seluruhnya. Sementara nama perusahaan gabungan Gojek dan Tokopedia ditulis GoTo, dengan gabungan huruf kecil dan kapital.

Dari sisi desain logo, GOTO memiliki warna dominan hijau tua pucat dan sedikit aksen warna merah dan putih. Logonya berbentuk tulisan GOTO dengan aksen garis putih di tengahnya, ada juga tambahan bentuk ujung anak panah berwarna merah di tengah-tengah huruf 'O' terakhir.

Sementara GoTo milik Gojek dan Tokopedia, memiliki logo dengan warga hijau stabilo yang terang. Warna hijau satu-satunya warna yang digunakan. Logo berbentuk tulisan 'goto' dengan huruf kecil seluruhnya yang saling berdekatan tanpa ada spasi. Buntut huruf 't' menyambung ke huruf 'o'.

Simak Video: Jawaban Pihak Gojek dan Tokopedia Terkait Gugatan PT TFT

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/hns)