Jokowi Sebut Membantu UMKM Sama Dengan Bantu Perempuan

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 12 Nov 2021 10:23 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tadi malam menghadiri pertemuan KTT APEC Business Advisory Council (ABAC) Dialogue with Economic Leaders secara virtual dari Istana Negara. Jokowi pun diberondong beberapa pertanyaan oleh pelaku usaha dalam forum tersebut.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang ikut dalam pertemuan itu menjelaskan ada dua pertanyaan yang diberikan para pelaku usaha dalam forum tersebut. Pertama tentang prioritas-prioritas utama setelah pandemi COVID-19 berakhir.

"Termasuk bagaimana penyelesaian dari pada vaksinasi dan recovery economy secara cepat. Untuk kembali membuka perbatasan dan juga membuka banyaknya permasalahan-permasalahan dari health dengan keamanan tapi membuka untuk menggerakkan perekonomian," tuturnya dikutip Jumat (12/11/2021).

Pertanyaan kedua, bagaimana Indonesia mengubah dari sebuah tantangan menjadi peluang. Terutama untuk bisa mengikutsertakan kelompok-kelompok minoritas seperti perempuan, pelaku UMKM, dan penduduk-penduduk yang belum masuk dalam sistem ekonomi dunia.

"Presiden mengatakan bahwa 54% dari UMKM Indonesia adalah perempuan. Oleh sebab itu membantu UMKM sama dengan membantu perempuan," tuturnya menggambarkan jawaban Jokowi.

Lutfi menambahkan, Jokowi juga menegaskan bahwa Indonesia berkomitmen dalam digitalisasi yang akan menguntungkan UMKM. Sebab 84% dari pengembangan digitalisasi di Indonesia dinikmati oleh UMKM.

"Ini bisa jadi peluang yang kita dapatkan dari tantangan untuk di masa-masa yang akan datang," ucapnya.

(das/ara)