ADVERTISEMENT

Berkah Pandemi, UMKM Go Digital Kian Bertambah

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Jumat, 12 Nov 2021 23:12 WIB
Menteri Koperasi dan UKM
Foto: Wahyudi (20detik): Menkop UKM Teten Masduki
Semarang -

UMKM yang terhubung dalam ekosistem digital meningkat selama pandemi COVID-19. Berubahnya situasi dan perilaku konsumen membuat Indonesia menjadi urutan pertama di ASEAN sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar.

Hal itu diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam pembukaan acara Rakornas Transformasi Digital Koperasi dan UMKM di Hotel Novotel, Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Kita melakuman rapat koordinasi untuk konsolidasi seluruh kementerian, lembaga, daerah, stake holder lain termasuk juga dengan teman teman e-commerce untuk menetapkan peta jalan dan strategi bersama untuk percepatan digitalisasi. Jadi kami melihat dari pengalaman pandemi bahwa UMKM yang bisa tumbuh adalah yang sudah terhubung ke ekosistem digital," kata Teten saat sesi wawancara, Jumat (12/11/2021) malam.

Ia menyebut selama Pandemi COVID-19 yang sudah berjak sekitar 1,5 tahun ini jumlah UMKM yang masuk ekosistem digital meningkat 105 persen atau 16,4 juta UMKM atau 25,6 persen dari total jumlah UMKM saat ini. Padahal untuk mencapai jumlah 8 juta UMKM sebelumnya butuh waktu 10 tahun.

"Selama pandemi terjadi percepatan yang luar biasa. Jadi sebelum pandemi UMKM kita yang terhubung ke ekosistem digital kan hanya 8 juta. Saat ini hanya dalam 1,5 tahun itu 16,4 juta atau naik 105 persen. Jadi hanya 1,5 tahun. Padahal dalam 10 tahun hanya 8 juta," jelasnya.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

Tonton juga Video: Hadiri KTT APEC, Jokowi Bicara Komitmen Bantu UMKM

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT