Berkah Pandemi, UMKM Go Digital Kian Bertambah

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Jumat, 12 Nov 2021 23:12 WIB
Menteri Koperasi dan UKM
Foto: Wahyudi (20detik): Menkop UKM Teten Masduki

Dalam paparannya saat pembukaan, Teten juga menjelaskan digitalisasi UMKM dan Koperasi saat ini tidak terhindarkan. Selama pandemi COVID-19 di Indonesia transaksi di e-commerce meningkat sebesar 54 persen atau lebih dari 3 juta transaksi per hari.

"Selain itu, ekonomi digital Indonesia berpotensi senilai US$124 juta atau kurang lebih Rp 1.700 triliun pada 2025," tegasnya.

"Oleh karena itu, saya berharap, dengan adanya Rakornas ini, lahir inovasi-inovasi baru dalam melahirkan wirausaha muda produktif, koperasi modern berbasis digital, startup digital yang berkarakter konsolidator dan agregator bisnis model inovatif," tutup Teten.

Dalam acara itu juga hadir secara virtual Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Ia menjelaskan upaya untuk membantu UMKM termasuk dengan berkoordinasi dengan KBRI di sejumlah negara agar produk UMKM lokal go internasional.

"Kita sudah kirim sampel-sampel produk, yang kemudian dilanjutkan dengan proses digital agar lebih dikenal lagi di pasar global," kata Ganjar.

Ia menjelaskan pihak marketplace juga membantu dan mengajarkan pelaku usaha masuk ke ranah digital. Para kurator juga banyak membantu menjaga kualitas produk.

"Saat ini, perijinan usaha sudah amat dimudahkan. Jadi, untuk saat ini dan ke depan, digital marketing adalah sebuah solusi," ujarnya.


(alg/hns)