Berantas Mafia Pajak, Pemerintah Bisa Apa?

ADVERTISEMENT

Berantas Mafia Pajak, Pemerintah Bisa Apa?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 13 Nov 2021 13:55 WIB
Poster
Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Transaksi perpajakan di Indonesia masih dibayangi kehadiran mafia pajak. Beberapa hari ini dua pegawai pajak yaitu Wawan Ridwan dan Alfred Simanjuntak ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mereka masih terkait dengan kasus suap pajak yang melibatkan Angin Prayitno Aji yang sudah tertangkap beberapa bulan lalu. Ketiganya bukanlah kasus pertama dalam suap pajak. Sebelumnya ada Gayus Tambunan dan Handang Soekarno yang fenomenal.

Direktur Center of Economics and Law Studies Bhima Yudhistira Adhinegara mengungkapkan dibutuhkan reformasi birokrasi pada internal pajak.

"Ini untuk memutus rantai suap menyuap yang melibatkan pengusaha nakal," kata dia saat dihubungi detikcom, Sabtu (13/11/2021).

Bhima mengatakan saat ini memang dalam hal prosedural, laporan EODB pernah melakukan survei permasalahan rumitnya urusan pajak di Indonesia.

"Administrasi pajak ada di ranking 81, relatif lebih rendah dibanding negara peers. Secara rinci dibutuhkan waktu rata-rata 191 jam per tahun untuk mengurus pajak," jelas dia.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Neilmaldrin Noor mengungkapkan untuk sistem perpajakan tergantung dari sudut pandang.

"Dalam artian, ada yang mengatakan sulit namun tidak sedikit yang berkata bahwa membayar pajak sekarang mudah," kata dia.

Beberapa layanan yang sangat memudahkan kewajiban utama WP di antaranya, untuk membayar pajak WP cukup menggunakan e-billing, untuk melaporkannya WP bisa menggunakan e-filling, dapat dikerjakan dari mana saja dan mudah karena tersedia langkah-langkah panduannya.

"Selain itu, masih banyak digitalisasi layanan yang dibuat oleh DJP dalam rangka memudahkan administrasi WP. (tersedia di laman www.pajak.go.id)," jelas dia.

(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT