Penampakan Minyak Goreng Rp 14.000/Liter yang Disebar demi Tekan Harga

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 13 Nov 2021 16:45 WIB
Penampakan minyak goreng Rp 14.000/liter
Foto: Dok Pribadi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri
Jakarta -

Pemerintah akan menggelontorkan 11 juta liter minyak goreng murah untuk mengatasi masalah minyak goreng yang mahal. Harganya dipatok Rp 14.000 per liter.

Nah berikut ini kenampakan minyak goreng kemasan sederhana yang akan digelontorkan pemerintah dalam waktu dekat.

Dokumentasi tersebut didapat detikcom dari Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan. Ia mengungkap foto itu diambil kemarin, Jumat (12/11/2021) di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta.

"Hari ini di AEON Cakung, Jakarta Garden City," ujar Oke kepada detikcom kemarin Jumat (12/11).

Dihubungi terpisah, Ketua Asosiasi Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Bernard Riedo juga membenarkan penampakan minyak goreng kemasan sederhana yang akan digelontorkan.

"Ya. Namun tergantung masing-masing produsen, ada kemasan ini atau kemasan standard. Tidak batasi bentuk kemasan," ujarnya dalam pesan singkat saat dikonfirmasi mengenai kemasan minyak goreng murah yang akan digelontorkan, Sabtu (13/11/2021).

Sebagai informasi, minyak goreng murah itu digelontorkan menjadi langkah pemerintah untuk jangka pendek dalam mengatasi masalah minyak goreng yang mahal.

Menurut Oke Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk menyebarkan 11 juta liter minyak ke 45.000 departemen store hingga minimarket.

Sedangkan untuk penyediaan minyak goreng kemasan sederhana, pemerintah menggandeng produsen minyak goreng yang tergabung dalam Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) dan Asosiasi Industri Minyak Makan Indonesia (AIMMI). Minyak goreng itu dibanderol di bawah harga pasar, yaitu Rp 14.000/liter.

(hns/hns)