Fakta-fakta 11 Juta Liter Minyak Goreng Murah Disebar ke Pasar

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 14 Nov 2021 09:08 WIB
harga minyak goreng
Foto: Trio Hamdani/detikcom

3. Disebar ke 45.000 Supermarket

Bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Oke mengatakan 11 juta liter minyak goreng itu disebar ke department store dan minimarket se-Indonesia. Totalnya mencakup 45.000 gerai.

"Nasional 45.000 gerai. Department Store dan minimarket," tambahnya.

4. Penyebab Minyak Goreng Mahal

Oke telah membeberkan penyebab harga minyak goreng melonjak. Dijelaskan, karena adanya berbagai hambatan di berbagai negara yang memacu harga internasional juga naik.

"Kanada dan Argentina sebagai pemasok Canola Oil terjadi gangguan panen sehingga produksinya turun sekitar 7% dan menyebabkan turunnya pasokan dunia," katanya kepada detikcom melalui pesan singkat, Jumat pekan lalu (5/11/2021).

Bukan itu saja, produksi crude palm oil (CPO) Malaysia turun sekitar 8%. Pemicunya lantaran kekurangan tenaga kerja imbas pandemi COVID-19.

"Krisis energi di beberapa negara , India, China, Eropa, sehingga mengalihkan ke bioenergi termasuk biodiesel. Biaya logistik tinggi (akibat pandemi) karena penurunan frekuensi pelayaran sehingga space kapal angkut terbatas juga berdampak pada kelangkaan kontainer internasional," pungkasnya.



Simak Video "Harga Minyak Goreng di Minimarket Kembali Mahal, Stoknya Masih Langka"
[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)