Basuki Sebut Jokowi Akan Kunjungi Lokasi Banjir di Sintang

ADVERTISEMENT

Basuki Sebut Jokowi Akan Kunjungi Lokasi Banjir di Sintang

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 16 Nov 2021 15:11 WIB
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan peninjauan di kawasan Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar). Seperti diketahui, beberapa pekan terakhir ini, Sintang terendam banjir.

Namun dia tidak memastikan kapan tepatnya kunjungan Jokowi itu. Yang pasti, kata dia, pihaknya akan meninjau kawasan itu lebih dulu dan mengatur jadwal kunjungan Jokowi.

"Tadi udah lapor Presiden. Karena besok, Rabu (17/11) sidang kabinet, saya baru kesana hari Kamis (18/11). Beliau (Jokowi) juga menyampaikan mau kesana tapi saya mengatur jadwalnya dulu. Saya mungkin duluan," kata Basuki di Gerbang Tol Rangkasbitung, Banten, Selasa (16/11/2021).

"Saya sampaikan, saya akan ke sana cuma mau mengatur jawalnya, saya baru bisa ke sana Kamis," sambung Basuki.

Senada dengan Jokowi, Basuki juga mengatakan, banjir itu terjadi karena kondisi area di sana sudah berubah fungsi menjadi perkebunan. Artinya, daerah resapan air berkurang.

"Sebagaimana yang disampaikan Pak Presiden tadi, kondisi area di sana berubah fungsi menjadi kebun. Bayangkan Sungai Kapuas panjang 1100 kilometer dengan total luas catchement area yang sudah berubah fungsi," paparnya.

Selain itu, curah hujan pun menjadi faktor penentu meluapnya Sungai Kapuas. "Kedua curah hujan ekstrem sehingga Kapuas meluap. Biasanya segera akan surut mungkin dengan adanya pasang laut kemungkinan itu," tuturnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT