Menhub Ungkap Bandara Halim Banyak Masalah, Akhirnya Mau Ditutup

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 17 Nov 2021 05:30 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Ungkap Bandara Halim Banyak Masalah, Akhirnya Mau Ditutup
Jakarta -

Kabar mengenai rencana penutupan Bandara Halim Perdanakusuma untuk penerbangan berjadwal komersial menyita perhatian publik. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pun akhirnya membeberkan rencana tersebut.

Budi Karya mengatakan, kondisi fisik Bandara Halim Perdanakusuma sangat mengkhawatirkan sehingga harus dibenahi dari segi keselamatan. Setidaknya 30% sampai 40% landasan pacu (runway) pesawat bermasalah.

"Jadi memang ada inisiatif melakukan revitalisasi karena keselamatan di sana itu sangat mengkhawatirkan, terutama runway-nya sudah bermasalah kondisinya 30-40%," kata Budi Karya saat ditemui di sela-sela peresmian ruas jalan tol Serang-Rangkasbitung, di Banten, Selasa (16/11) kemarin.

Selain kondisi runway yang bermasalah, Budi juga mengungkapkan masalah lain yaitu banjir. Dia mengatakan, banjir pun termasuk mengancam keselamatan bandara.

"Banjir juga masalah, jadi kita melakukan penyelamatan dari safety bandara itu," ujarnya.

Untuk mengimplementasikan rencana itu, pihaknya masih melakukan komunikasi dengan stakeholder dan nanti akan diusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita lakukan komunikasi dengan stakeholder dan baru bisa usulkan ke Presiden seperti apa skenarionya nanti diputuskan presiden," pungkasnya.

Lihat Video: Kemenhub soal Rencana Revitalisasi Halim: Demi Pertimbangkan Keselamatan

[Gambas:Video 20detik]