Instansi Milik Pemerintah Sewakan Pesawat Pribadi dan Helikopter

Angga Laraspati - detikFinance
Rabu, 17 Nov 2021 15:05 WIB
Layanan sewa pesawat pribadi
Foto: dok. BBKFP
Jakarta -

Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP) kini membuka layanan penyewaan pesawat pribadi hingga helikopter. Instansi yang bermarkas di Curug, Tangerang ini menyediakan armada pesawat jet pribadi Beechcraft Hawker 900XP.

Pesawat Hawker dilengkapi dengan interior bergaya klasik dan kabin luas berkapasitas 8 penumpang.

"Kami berharap dengan adanya Air Charter ini semakin mempermudah mobilitas pelanggan di masa kini dan semakin modern mengikuti perkembangan zaman," ujar Direktur Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan, Rizal dalam keterangan tertulis, Rabu (17/11/2021).

Selain pesawat jenis Hawker 900XP, BBKFP juga memiliki armada lainnya yaitu turboprop bisnis Beechcraft King Air 350. Pesawat ini mampu mendarat dan lepas landas di landasan pacu yang relatif pendek. Pesawat mungil ini juga punya kemampuan untuk terbang hingga ketinggian 35.000 kaki.

BBKFP juga menyediakan helikopter jenis Bell 429 yang terkenal minim suara bising dan kabin besar. Secara total BBKFP memiliki armada pesawat carter dari berbagai jenis sebanyak sembilan unit. Rencananya jumlah ini akan terus ditambah sesuai dengan permintaan pasar melalui rencana pembukaan penerbangan perintis.

Armada pesawat carter yang disediakan BBKFP tidak hanya untuk keperluan wisata atau bisnis, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan darurat seperti evakuasi medis (medical evacuation).

Selain menyediakan layanan carter pesawat pribadi, BBKFP yang bernaung di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, juga menyediakan beberapa layanan terkait dunia aviasi yaitu kalibrasi, inspeksi, pengujian, dan kalibrasi peralatan navigasi penerbangan.

BBKFKFoto: BBKFK
(prf/hns)