ADVERTISEMENT

Rekor! Lukisan Frida Kahlo Laku Dilelang Hampir Rp 500 M

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 17 Nov 2021 16:04 WIB
LONDON, ENGLAND - OCTOBER 21:  Frida Kahlo’s ultimate self-portrait goes on view at Sothebys on October 21, 2021 in London, England. Estimated at over $30 million, it is expected to break the record for the artist and for any Latin American artist. This is a unique chance for British audiences to view a self-portrait by Kahlo, with none in UK institutions. The painting is on view to the public at Sothebys London from the 22 -25 October ahead of being auctioned at Sothebys New York on 16 November 2021.  (Photo by Tristan Fewings/Getty Images for Sothebys)
Foto: Getty Images for Sotheby's/Tristan Fewings
Jakarta -

Lukisan seniman nyentrik asal Meksiko Frida Kahlo laku dilelang dengan nilai Rp 495,5 miliar. Lukisan Frida yang bertajuk Diego And I tersebut menjadi lukisan termahal yang pernah dilukis oleh seniman Amerika Latin.

Lukisan cat minyak yang berukuran 30x22,4 sentimeter (cm) laku dilelang pada hari Selasa di rumah lelang Sotheby's seharga US$ 34,9 juta atau Rp 495,5 miliar (kurs Rp 14.200).

Mengutip DW, Rabu (17/10/2021), lukisan itu bagian dari Koleksi Macklowe yang bergengsi, di samping karya-karya seniman lainnya termasuk Mark Rothko, Alberto Giacometti, dan Jackson Pollock.

Pada tahun 1990, Sotheby's menjual Diego seharga US$ 1,4 juta kepada pedagang seni New York Mary-Anne Martin. Dahulu, itu adalah karya pertama seniman Amerika Latin yang terjual lebih dari 1 juta dolar di lelang.

Sejak itu, harga karya Frida Kahlo terus meningkat. Karya awal 'El tiempo vuela' dari tahun 1929 menghasilkan US$ 4,6 juta pada tahun 2000, dan 'Dos desnudos en el bosque' menghasilkan US$ 8 juta pada tahun 2016.

Frida Kahlo lahir dari seorang imigran Jerman dan ibu Spanyol Mestiza. Dia tertular polio pada usia 6 tahun dan terluka parah dalam kecelakaan trem pada usia 18 tahun sehingga dia harus memakai korset baja dan kulit selama sisa hidupnya.

Terkurung di tempat tidur setelah kecelakaan itu, Frida Kahlo mulai melukis untuk menghabiskan waktu. Itu adalah awal dari karier yang belum pernah terjadi sebelumnya yang menjadikannya seniman paling terkenal di Meksiko.

Karisma dan kehidupannya yang penuh peristiwa, serta fokusnya pada subjek terkait gender yang dianggap tabu pada saat itu. Mulai dari tema aborsi, keguguran, dan menyusui. Tapi hal itu juga yang mengubahnya menjadi sosok yang dipuja-puja.



Simak Video "Indahnya Lukisan Dila, Gadis Penyandang Disabilitas Asal Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT