d'Mentor: 'Nasib Kripto Pasca Fatwa Haram MUI'

dtv - detikFinance
Rabu, 17 Nov 2021 18:13 WIB
Jakarta -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara resmi mengeluarkan fatwa haram atas penggunaan mata uang kripto. Fatwa ini disahkan di dalam forum ijtima ulama se-Indonesia ke VII.

Sebagaimana diketahui,pandemi meningkatkan antusias kalangan mapan hingga milenial menyimpan asetnya dalam komoditi kripto. Sedangkan fatwa ini keluar bukan tanpa alasan, karena kripto tidak diakui negara sebagai mata uang yang sah menurut perundang-undangan RI dan kripto dinilai mengandung unsur gharar, dharar dan qimar.

Pro dan kontra muncul pasca fatwa MUI ini, ada yang menilai fatwa membuat sentimen negatif di komunitas investor kripto Indonesia dan ada juga yang nilai sebagai momentum pembentukan regulasi kripto sebagai komiditi investasi di Indonesia. Nah d'Mentor kali ini angkat bahas topik 'Nasib Kripto Pasca Fatwa Haram MUI' bersama perwakilan Wasekjen MUI Kyai Fakhrur Razi, CEO Indodax Oscar Darmawan, Kepala BAPPEBTI Indrasari Wisnu Wardhana, dan CEO IDM Co-Op.

Seperti apa dampak dari fatwa MUI di komunitas kripto? Apakah fatwa ini menjadi sentimen negatif atau positif untuk regulasi bursa kripto di Indonesia ? Apakah mungkin fatwa ini dicabut? Apakah mungkin jenis kripto halal?

Semua ini akan dibahas bersama di acara d'Mentor, Rabu 17 November 2021, jam 19.00 WIB LIVE di detikcom.

Buat detikers yang mau bertanya kalian bisa gabung melalui ID Zoom dan pasword tertera di layar. Selain itu kalian juga bisa meninggalkan pertanyaan atau komentar menarik di kolom komentar di Facebook dan YoutubeDetikcom

(gah/gah)