Jeff Bezos Sumbangkan Rp 1,36 T Hartanya untuk Tunawisma

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 18 Nov 2021 11:44 WIB
Sosok Jeff Bezos jadi sorotan. Pasalnya pendiri Amazon sekaligus salah satu orang terkaya dunia itu dikabarkan berinvestasi di startup e-commerce Indonesia, Ula
Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais
Jakarta -

Pendiri Amazon Jeff Bezos akan memberikan sumbangan kepada keluarga tunawisma. Total sumbangannya mencapai US$ 96,2 juta atau setara Rp 1,36 triliun.

Sumbangan ini akan diberikan melalui Bezos Day One Fund ke 32 organisasi nirlaba di 21 negara bagian di AS. Sumbangan berbentuk hibah ini disebar mulai dari US$ 750.000 hingga US$ 5 juta.

Sejak Bezos mendirikan Bezos Day One Fund pada tahun 2018 bersama istrinya dengan dana komitmen US$ 2 miliar telah membagikan hampir US$ 100 juta per tahun kepada organisasi yang menyediakan layanan bagi keluarga tunawisma. Secara keseluruhan, lembaga tersebut telah menyumbangkan total US$ 398 juta hingga hari ini

"Kami benar-benar kewalahan tentang hal ini," kata Anne Miskey, CEO Layanan Tunawisma Union Station di Pasadena, California dilansir dari Forbes, Kamis (18/11/2021).

Miskey mengatakan organisasinya akan menerima US$5 juta dalam bentuk saham Amazon pada hari Kamis. Itu merupakan hibah dari swasta terbesar yang pernah diperolehnya.

Uang tersebut secara khusus dialokasikan untuk layanan keluarga dan akan digunakan selama periode lima tahun ke depan. Antara lain, untuk mempekerjakan lebih banyak pekerja sosial dan merenovasi lokasi yang digunakan untuk menampung keluarga tunawisma.

"Kami benar-benar ingin menjadikannya lebih dari lingkungan yang terinformasi trauma, untuk membangun lebih banyak privasi untuk masing-masing keluarga sehingga mereka tidak harus tidur di area bergaya asrama. Kami ingin menyediakan tempat yang aman, nyaman, dan bermartabat untuk membantu mereka mendapatkan tempat tinggal permanen," kata Miskey.

Bezos adalah orang terkaya kedua di dunia, dengan kekayaan sekitar US$ 205,5 miliar atau sekitar Rp 2.918,1 triliun, menurut Forbes. Sumbangan yang diumumkan Rabu kemarin itu mewakili kurang dari 1% dari total kekayaan bersihnya, dan Bezos Day One Fund belum mengungkapkan detail tentang bagaimana tepatnya Bezos mendanainya.

Bezos telah menjual saham senilai hampir US$ 27 miliar sejak Amazon go public pada 1997. Namun sejauh ini dia menolak mengatakan apakah dia mendanai Bezos Day One Fund dengan hadiah uang tunai atau dengan sumbangan saham Amazon-nya.

Pekan lalu, Bezos menghadiahkan 16.283 saham Amazon senilai US$ 58 juta kepada organisasi nirlaba, menurut pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa. Seorang juru bicara Amazon menolak berkomentar tentang ke mana tepatnya saham-saham itu pergi.

Lihat juga Video: Mengintip Properti Baru Jeff Bezos di Pulau Maui Hawaii

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)