ADVERTISEMENT

Penduduk Makin Membeludak, Sri Mulyani Ungkap Dampak Ngerinya

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 18 Nov 2021 13:56 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati wanti-wanti soal ancaman perubahan iklim
Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap penduduk dunia yang diprediksi makin banyak, terutama di Indonesia. Menurutnya, aktivitas di dunia akan meningkat dan polusi pun akan meningkat.

"Setiap aktivitas menghasilkan CO2 yaitu polusi tadi, sehingga dunia makin berat, sekarang dunia suhunya sudah naik 1,1 derajat celcius dibandingkan masa pra industri. Kalau penduduk dunia mencapai 9 miliar akan lebih cepat lagi naiknya," kata Sri Mulyani dalam acara Ministry of Finance Festival 2021, Kamis (18/11/2021).

Indonesia sendiri, diprediksi akan mengalami peningkatan penduduk dari sekarang 270 juta akan menjadi 350 juta penduduk. Dengan prediksi itu, Sri Mulyani mengatakan suhu di Indonesia juga akan semakin meningkat, maka ancamannya berimbas ke dunia.

"Kalau kalian bilang kayaknya Jakarta biasa aja suhunya 29, atau 30 hingga 31 derajat. Itu tidak sama untuk seluruh dunia. Kalau kita makin panas, ada salju dan gunung es yang akan mencair. Kalau mencairnya segede es balok hanya membasahi meja saja, kalau segede Jakarta mencairnya akan menaikkan air laut," tuturnya.

Sri Mulyani juga mengungkap berbagai tantangan lainnya selain perubahan iklim. Menurutnya ke depan tantangan dari urbanisasi hingga teknologi yang akan semakin cepat meluas.

"Digitalisasi akan membentuk kita, kalau kita bicara Artificial Intelligence bagaimana dalam beberapa dekade terakhir ini kecepatan pemikiran komputer jauh lebih cepat dan ini masih awal, it gonna be ever more," imbuhnya.

(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT