Canggih! Starbucks-Amazon Go Duet Bikin Kafe Tanpa Kasir

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 19 Nov 2021 09:16 WIB
Logo Starbucks
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Starbucks menggandeng Amazon untuk membuat toko take and go. Perusahaan yang berbasis di Seattle ini membangun Starbucks Pickup pertama mereka di New York.

Ditargetkan ada dua toko berkonsep seperti ini yang akan dibuka pada tahun depan. Toko baru tanpa kasir ini terletak di tengah kota Manhattan.

Dikutip dari cbsnews.com toko ini menawarkan menu Starbucks seperti salad, sandwich dan makanan ringan yang bisa dipesan dari Amazon Go. Selain itu juga ada area lounge dengan meja dan ruang kerja.

Para pelanggan bisa memesan minuman dan makanan melalui aplikasi Starbucks atau masuk ke Amazon Go. Nantinya jumlah pesanan akan dihitung secara otomatis sehingga pembeli tak perlu lagi mengantre untuk check out pesanan.

Toko ini adalah transformasi toko Starbucks konvensional yang ada saat ini. Tahun lalu Starbucks mengumumkan akan melakukan percepatan penutupan 400 toko yang kinerjanya buruk dan mengganti konsep dengan toko yang lebih kecil atau fokus memberikan layanan drive thru.

Bahkan sebelum pandemi, Starbucks mengungkapkan 80% transaksi pelanggannya di AS terjadi saat bepergian.

Ketika Starbucks memperkecil ukuran toko, Amazon justru menambah kehadiran toko fisik. Pada 2018 toko Amazon Go mulai dibuka dan saat ini sudah ada 20 unit Amazon Go di Seattle, Chicago dan San Francisco sampai New York.

(kil/das)