Pasok Pasar Ritel, Anggota Holding BUMN Pupuk Bikin Produk Baru

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 21 Nov 2021 10:40 WIB
Musim tanam pertama 2021 dimulai Maret-April 2021. Ketersediaan pupuk untuk petani pun terus dipantau. Salah satunya di gudang Pupuk Kaltim di Tabanan, Bali.
Foto: Istimewa
Jakarta -

Anggota Holding BUMN Pupuk, PT Mega Eltra, anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), berkomitmen melakukan kerjasama dengan PT Lagenda NPK Indonesia untuk menyediakan kebutuhan pupuk majemuk dalam negeri dengan merek dagang 'Bunga Tulip' yang diberi nama NPK Melagenda.

Penandatanganan komitmen kerjasama ini dilakukan oleh Hilman Taufik-Direktur Utama PT Mega Eltra dan Fadilawaty-Direktur PT Lagenda NPK Indonesia, sebagai wujud komitmen kedua perusahaan dalam memenuhi pasokan pupuk majemuk dalam negeri.

"Secara struktur biaya NPK MELAGENDA diharapkan dapat mencapai tingkat harga pokok penjualan (HPP) yang paling ekonomis dan cepat terserap pasar, sehingga akan lebih efisien dan mudah dijangkau," kata Direktur Keuangan dan SDM PT Mega Eltra Dundi Insan Perlambang dalam keterangannya, Minggu (21/11/2021).

Lebih lanjut Direktur Utama PT Mega Eltra Hilman Taufik berharap kerjasama makloon ini dapat menambah pangsa pasar dan memenuhi kebutuhan pupuk majemuk di pasar retail.

"Kita berharap kerjasama ini mampu memenuhi kebutuhan pasokan pupuk majemuk dalam negeri dan juga mampu membawa brand pupuk NPK Melagenda bisa menjadi pemain besar dalam industri pupuk di Indonesia, harapan kami penjualan Pupuk NPK Melagenda bisa mencapai 500 ton," kata Hilman.

Dengan adanya komitmen antara PT Mega Eltra dan PT Lagenda NPK ini, Hilman optimis kerjasama ini akan menjadi sebuah sinergi yang baik dan berkelanjutan bagi industri pupuk di Indonesia.

PT Mega Eltra merupakan Anggota Holding PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bergerak dalam bidang Perdagangan, Jasa Konstruksi & Keagenan, serta Industri Cat.

Pada tahun 1940-an, awal mula berdirinya PT Mega Eltra bernama NV. Electro Import, anak perusahaan Belanda bernama Jacobson Van Den Berg & Co bergerak di bidang kelistrikan.

Setelah dilakukan nasionalisasi oleh Pemerintah RI, berubah nama menjadi PN Mega Electro. Tanggal 28 Desember 1970 berubah bentuk menjadi PT Mega Electro (Persero) yang kemudian tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Perusahaan.

(das/zlf)