Desa Ini Dapat Hadiah Warkop Digital, Apaan Tuh?

Hery Supandi - detikFinance
Senin, 22 Nov 2021 10:26 WIB
Bengkulu
Foto: Hery Supandi
Jakarta -

Bengkulu tengah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-53. Untuk memperingatinya salah satu kegiatan yang dilakukan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menghadiahkan Warkop Digital kepada Desa Karya Pelita, Bengkulu Utara, Bengkulu.

Pemberian hadiah tersebut diungkapkan Rohidin Mersyah dilakukan karena Warkop Digital adalah platform kewirausahaan UMKM berbasis digital lengkap.

Bukan hanya sebagai tempat usaha kopi kekinian, Warkop Digital juga berfungsi sebagai digital hub untuk edukasi, pelatihan, bursa kerja, dan e-commerce untuk pemasaran produk-produk desa sehingga bisa dipasarkan lebih luas.

Selain itu, penyerahan Warkop Digital disampaikanya termasuk dalam komitmennya untuk membangun digitalisasi ekonomi Bengkulu melalui program Desa Digital Desa Wisata (DEDI DEWI).

Lewat Warkop Digital yang tersebar di 1.431 desa, menurutnya akan menggerakan ekonomi di tingkat desa yang selaras dengan era digitalisasi saat ini, apalagi di saat pandemi Covid-19.

"Pemberian Warkop Digital ini menjadi starting point atas perjanjian kerja sama Dinas Koperasi & UMKM bersama PT Cybers Bengkulu Indonesia dalam mewujudkan 1.341 Warkop Digital di Provinsi Bengkulu, Tujuannya guna mewujudkan UMKM go digital serta sebagai penghubung DEDI DEW," jelas Rohidin Mersyah (22/11/2021).

Lebih lanjut dipaparkannya, Bengkulu dikenal sebagai penghasil kopi robusta nasional ketiga. Dengan meraih tiga buah medali, kopi Bengkulu dinobatkan sebagai kopi robusta terbaik di dunia dalam kontes AVPA France.

Bersama Bencoolen Coffee, perusahaan yang memasok kopi Bengkulu untuk Warkop Digital, Warkop Digital menurutnya akan menjadi digital hub di setiap desa sekaligus untuk mempromosikan produk-produk desa.

Warkop Digital sebagai digital hub akan membantu masyarakat mendapat akses informasi dari kota besar, atau sebaliknya, masyarakat desa bisa memasarkan produk unggulannya ke kota besar melalui teknologi digital.

"Ditargetkan ada 1.341 Warkop Digital akan hadir di seluruh Provinsi Bengkulu pada 2022, sehingga kebangkitan ekonomi yang dimulai dari desa bisa lebih cepat memulihkan ekonomi Indonesia," jelas Rohidin.

Diketahui, Warkop Digital menawarkan layanan digital untuk memperoleh pendapatan sekaligus membantu mempromosikan potensi-potensi di desa. Jadi Warkop Digital menawarkan dua traffic, dari produk lokal ke online dan produk lokal apa yang bisa dijual ke offline. Itulah kenapa ada digital hub bernama Warkop Digital.

(das/das)