Back to Reality! Begini Tips Aman WFO Lagi

Elsa Azzahra - detikFinance
Selasa, 23 Nov 2021 19:26 WIB
Sejumlah pegawai kembali bekerja di kantor usai sebelumnya bekerja dari rumah. Guna cegah virus Corona para pegawai pakai face shield hingga masker saat bekerja
Foto: Agung Pambudhy

2. Risiko Skindemi

Meski PPKM melonggar dan kamu mungkin akan kembali beraktivitas normal lagi namun jangan lupa bahwa pandemi sejatinya belum sepenuhnya usai. Tetap pakai masker dan melakukan protokol kesehatan dengan baik.

Namun tahukah kamu bahwa pandemi Covid-19 kini juga turut menciptakan situasi skindemi, alias masalah kulit yang muncul akibat kebiasaan-kebiasaan yang tercipta selama pandemi.

Mengutip Dr. Kevin Adrian pada laman Alodokter, skindemi misalnya tercipta akibat pemakaian masker yang terlalu lama sehingga menyebabkan kulit menjadi kusam, kemerahan, gatal dan mudah berjerawat.

"Penggunaan masker dalam waktu yang lama membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker, gesekan ini yang memicu iritasi kulit. Selain itu menghela napas dan berbicara saat menggunakan masker juga akan menjebak hawa panas yang membuat kulit wajah menjadi lembab," paparnya.

Situasi skindemi juga makin diperparah jika terjadi pada seorang perokok, merokok sambil buka-tutup masker bakal menjebak hawa panas hasil pembakaran rokok di area yang tertutup masker. Akibatnya pori-pori mudah tersumbat sehingga bakteri dan kuman mudah berkembang biak.

Berhenti merokok tentu menjadi pilihan utama untuk mencegah hal-hal tersebut, namun jika kamu merasa sulit menghentikan konsumsi rokok, produk tembakau alternatif bisa jadi solusi. Sebab banyak produk tembakau alternatif yang dapat dikonsumsi tanpa pembakaran seperti kantung tembakau, kantung nikotin, bahkan produk tembakau yang dipanaskan.

Sejumlah riset bahkan menyebut risiko dari produk tembakau alternatif, terutama produk tembakau tanpa asap (smokeless tobacco) bahkan dapat mengurangi risiko dari konsumsi rokok sampai 99 persen.

Peneliti pada University of Michigan School of Public Health Ken Warner pun menyebut produk tembakau alternatif ini bisa jadi sarana buat berhenti merokok karena merupakan produk yang jauh lebih rendah resikonya.

"Produk tembakau tanpa asap tak diragukan memiliki resiko yang jauh lebih kecil dibandingkan rokok. Produk-produk ini mungkin dapat membantu perokok berhenti merokok," ungkapnya dikutip dari ABC News.

Untuk mengoptimalkan pencegahan skindemi, kamu juga perlu memastikan untuk selalu menggunakan masker yang bersih, dan secara berkala dapat mengganti masker jika kegiatanmu sangat padat. Sehingga kamu tak perlu lagi khawatir dengan skindemi.

Lalu apa tips ketiga? Buka halaman selanjutnya.