TASPEN Atur Strategi Bisnis dan Investasi Pasca New Normal

Nada Zeitalini Arani - detikFinance
Kamis, 25 Nov 2021 17:37 WIB
TASPEN
Foto: dok. TASPEN
Jakarta -

PT TASPEN (Persero) melakukan reformulasi strategi bisnis dan investasi pasca new normal. Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih mengatakan dalam kondisi saat ini, pihaknya melakukan perubahan dalam konteks struktur organisasi, proses bisnis, bisnis model hingga corporate culture.

Ia melanjutkan, hal itu dilakukan agar perusahaan bisa terus mengikuti perubahan dan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Hal ini kami wujudkan guna menciptakan kondisi perusahaan yang stabil dalam segala kondisi, khususnya dalam kondisi pandemi COVID-19. Komitmen ini akan terus kami jalankan guna menciptakan perusahaan yang berkelanjutan dan menciptakan kontribusi yang lebih besar bagi negara Indonesia, khususnya mengenai kesejahteraan pensiunan ASN," ujar Kosasih dalam keterangan tertulis, pada Kamis (25/11/2021).

Sementara itu kondisi pandemi cukup banyak mengubah lanskap perekonomian dan bisnis. Menghadapi kondisi tersebut, Kosasih mengatakan TASPEN memanfaatkan berbagai peluang investasi dan operasional strategis dengan prinsip PAHALA, singkatan dari Pastikan Aman, Hasil, Likuid, Andal, dan Antisipatif. Prinsip tersebut juga menjadi pedoman dalam menjalankan lini bisnis perusahaan.

Hal itu ia ungkapkan dalam seminar Indonesia Financial Sector Outlook (IFSO) tahun 2022 yang diselenggarakan secara daring oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), pada Selasa (22/11).

Lebih lanjut Kosasih mengungkapkan upaya TASPEN di masa pandemi dan new normal menghadirkan inovasi layanan kepada pesertanya. Bentuk inovasi tersebut adalah transformasi digital TASPEN One Hour Online Service yang memudahkan pengurusan klaim peserta secara online.

Di samping itu, TASPEN menerapkan Governance, Risk, and Compliance dengan pembentukan model Three Lines Of Defense. Hal tersebut untuk mengoptimalkan penerapan pengelolaan risiko dan meningkatkan efektivitas pengendalian internal perusahaan.

Selama pandemi, BUMN Jaminan Sosial ini juga meluncurkan layanan TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona). Layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital. Lebih lanjut, peserta pensiunan dapat mengakses layanan TASPEN melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare.taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim, mengajukan pertanyaan, dan keluhan.



Simak Video "Jokowi Bentak Bos Pertamina yang Lamban Garap Proyek Miliaran Dolar"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/hns)