NFT Juga Bisa Dibeli Pakai Uang Fiat Loh..

dtv - detikFinance
Kamis, 25 Nov 2021 18:51 WIB
Jakarta -

Selain kripto, Non-Fungible Token (NFT) aset digital berbasis teknologi blockchain tengah populer kalangan milenial dan kaum mapan di dunia. Meski menggunakan token berbasis ethereum, aset ini bisa diperdagangkan dengan mata uang fiat loh.

"Saat ini ada juga marketplace marketplace kita bisa beli dengan kartu kredit atau dengan uang fiat atau uang pada umumnya, itu bisa. ada market place-market place yang sediakan cuma kebanyakan mata uang kripto yang dipakai," ujar Founder Idnft Budi Santosa dalam acara d'Mentor detikcom, Rabu (24/11/2021).


Belakangan di Indonesia penggunaan mata uang kripto sebagai alat pembayaran dan perdagangan menuai pro dan kontra. Namun dalam pembelian NFT rupanya bisa menggunakan mata uang yang resmi dikeluarkan bank sentral seperti uang fisik.

"Jadi jangan khawatir mau pakai uang kripto ataupun lebih nyaman uang fiat atau kartu kredit itu bisa dipakai menggunakan uang tersebut," sambung Budi.

Budi menjelaskan NFT dibagi banyak kategori, namun kategori seni digital sering kali diperbincangkan banyak orang. Lantaran harga yang diperdagangkan bisa tembus puluhan juta dolar.

"Untuk nft art, ada sebuah website di situ yang menampilkan karya karya yang harganya paling tinggi. Misalnya punya Beeple dia laku 69 juta US dollar, ini yang paling mahal kalau enggak salah karya ini, Beeple bisa dikatakan artis yang paling kaya di NFT karena karyanya dia paling tinggi satu kali aja dia bisa menjual 69 juta US dollar, kemudian kalau di collectible juga banyak aset-aset digital kaya karakter karakter yang mahal," tutup Budi.

(ed/fuf)