4 Kesalahan yang Jarang Disadari Pemilik Bisnis Online

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 26 Nov 2021 14:01 WIB
Ilustrasi bisnis online
Foto: shutterstock
Jakarta -

Selama masa pandemi, banyak orang memutuskan untuk membuka bisnis online. Seketika, bisnis online menjadi tren di masyarakat karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Bisnis online yang dijalankan pun beragam. Mulai dari bisnis tanaman hias, makanan, pakaian, hingga kebutuhan bayi.

Menurut seorang Financial Planner, Putri Mandarina, sebelum memulai bisnis online, perlu diketahui terlebih dahulu bisnis online yang dijalani tipe bisnis yang seperti apa.

"Kalau kita mau jualan online, kita harus cek, nih, tipe bisnisnya apa. Apakah bisnisnya itu digital based atau bisnis yang sebenarnya offline yang di-online-kan," katanya.

Meski terlihat mudah, nyatanya ada beberapa kesalahan yang menyebabkan bisnis online tidak berkembang. Misalnya saja tidak memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis.

"Ketika kita menjalankan bisnis, kita harus memisahkan keuangan bisnis dan personal. Jadi kita memang anggap dia sebagai bisnis. Kita jangan ambil untuk kebutuhan misalnya belanja di pasar atau untuk shopping, itu jangan diambil," kata wanita yang akrab disapa Puma itu.

"Kecuali dengan perhitungan yang jelas, kita catat kalau memang kita berhutang ke bisnis kita," sambungnya kemudian.

Selain kesalahan-kesalahan umum dalam berbisnis, Putri juga menjelaskan beberapa kesalahan yang bisa bikin dagangan atau produk Bunda kurang laku. Berikut ini penjelasannya.

1. Baru dipasarkan ketika barangnya ada

Strategi pemasaran dalam bisnis online memang sangat penting dilakukan. Menurut Putri, ada baiknya barang dagangan sudah mulai dipasarkan sebelum peluncuran agar bisa menarik minat pelanggan.

"Untuk yang ingin berbisnis, itu bisa melakukan marketing sebelum barangnya ada," jelasnya.

Klik link berikut ini untuk informasi selanjutnya.

(das/das)