Top! Supermarket Ini Mulai Kirim Barang Pakai Drone

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 26 Nov 2021 14:27 WIB
Langit Tel Aviv ramai oleh drone yang tengah diuji coba dalam operasi uji Inisiatif Drone Nasional. Sejumlah barang dibawa drone itu mulai sushi hingga es krim.
Ilustrasi/Foto: AP Photo/Oded Balilty
Jakarta -

Masyarakat yang tinggal di sekitar kantor pusat Walmart di Arkansas, Amerika Serikat (AS) sudah bisa memesan barang yang akan dikirim menggunakan drone.

Mengutip dari CBS News, Jumat (26/11/2021), dalam pelaksanaannya jaringan supermarket ini bekerja sama dengan perusahaan pengiriman drone, Zipline untuk mengirimkan pesanan para pembeli menggunakan drone.

"Ini luar biasa menarik, kami telah bekerja menuju hari ini selama bertahun-tahun," kata Liam O'Connor, CEO Zipline.

"Bagi kami, janji pengiriman ultracepat adalah benar-benar memberikan akses ke semua jenis komunitas ke semua jenis produk," jelasnya lagi.

Setelah pelanggan memesan barang, paket akan dikemas ke dalam kotak yang dirancang khusus dengan parasut. Selanjutnya, drone pengirim paket ini akan diluncurkan, kemudian paket akan diturunkan dengan menggunakan parasut.

Meski demikian, saat ini pengiriman menggunakan drone itu hanya dapat dilakukan di dalam radius 50 mil (80,5 km) dari kantor pusat Walmart di Arkansas.

Namun tentu saja Walmart dan Zipline berharap agar dapat segera memperluas layanan pengiriman menggunakan drone ini di AS.

"Jika pelanggan kami menikmati layanan, kami akan meningkatkannya sehingga di liburan mendatang, ini mungkin akan memainkan peran yang sangat besar dalam mendapatkan sesuatu dengan tergesa-gesa," kata Tom Ward, penanggung jawab operasi pengiriman Last Mile Walmart.

"Pelanggan mengharapkan kami untuk menghemat uang mereka, mereka membutuhkan kami untuk menghemat waktu mereka dan ketika datang untuk menghemat waktu, cara apa yang lebih baik untuk melakukannya selain melalui drone," kata Ward.

(ara/ara)