Pelita Air Bakal Jadi Maskapai Medium Service, Terbangkan Airbus A320

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 28 Nov 2021 19:27 WIB
Lelang pesawat di DJKN
Foto: dok. Pelita Air Service
Jakarta -

Kementerian Perhubungan membenarkan soal kabar mengenai Pelita Air Service (PAS) bakal membuka penerbangan berjadwal reguler. Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto menyatakan persiapan dari sisi perizinan dan sertifikasi sedang Pelita Air.

Novie mengatakan Pelita Air bakal menjadi maskapai yang membuka layanan di kelas medium service. Pesawat yang bakal dilakukan adalah Airbus A320 dengan basis operasi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

"PT Pelita Air Service akan menjalankan penerbangan komersial medium service berjadwal dengan A320 yang akan berbasis operasi di Bandara Soetta (CGK)," papar Novie saat dihubungi detikcom, Minggu (28/11/2021).

Novie menjelaskan pihaknya sedang melakukan sertifikasi terkait pengoperasian tipe pesawat baru oleh Pelita Air.

"Maka dari itu DJPU sedang melakukan sertifikasi terkait pengoperasian tipe baru yaitu A320 dan pengoperasian berjadwal," ungkap Novie.

Dia juga menjelaskan saat ini Pelita Air merupakan pemegang Surat Izin Usaha Angkutan Udara Niaga (SIUAUN) untuk penerbangan tidak berjadwal maupun yang berjadwal.

Pelita Air juga merupakan pemegang sertifikat AOC (Air Operator Certificate) 121 dengan jumlah armada total 26 pesawat. Namun saat ini masih beroperasi untuk penerbangan tidak berjadwal.

AOC 121 sendiri adalah sertifikat yang diberikan kepada maskapai maskapai yang mengoperasikan pesawat berkapasitas di atas 30 tempat duduk.

Sebelumnya, Komisaris Utama Pelita Air Michael Umbas mengatakan pihaknya memang sedang bersiap membuka layanan penerbangan berjadwal setelah selama ini hanya membuka layanan charter. Saat ini menurut laporan jajaran direksi yang dia terima, izin penerbangan berjadwal Pelita Air memang sedang diurus.

"Untuk penerbangan berjadwal dari laporan direksi masih berproses," ungkap Michael kepada detikcom.

(hal/dna)