Deretan Masalah Boeing 737 MAX, Aman Buat Terbang Lagi?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 29 Nov 2021 08:50 WIB
Boeing 737 Max 8
Foto: Getty Images

Tidak berhenti di sana, sejumlah pesawat Boeing 737 MAX yang telah beroperasi kembali, beberapa di antaranya dilarang terbang selama beberapa minggu pada awal tahun ini setelah ditemukannya masalah listrik.

Tidak heran bila sejumlah pakar merasa khawatir dengan kondisi ini. Terlebih mengingat sebelumnya pernah terjadi dua kecelakaan besar Boeing 737 MAX.

"Jika tidak terkait dengan manufaktur, maka kami memiliki masalah dengan analisis keamanan sistem. Saya tidak percaya kami akan menemukan jumlah kegagalan ini dalam rentang waktu yang singkat," kata Joe Jacobsen, mantan insinyur keselamatan senior di FAA.

Sedangkan di sisi lain, Boeing tidak menanggapi pertanyaan spesifik tentang kegagalan yang ditampilkan dalam laporan FAA tersebut. Bahkan Boeing menegaskan kalau pesawat itu aman dan dapat diandalkan.

"Sejak 737 MAX kembali beroperasi, maskapai telah menerbangkan hampir 240.000 penerbangan di seluruh dunia, dan melakukan lebih dari 1.300 penerbangan setiap hari," Jelas Boeing dalam sebuah pernyataan sebelumnya.

"Keandalan dalam layanan lebih besar dari 99%, dan konsisten dengan model pesawat komersial lainnya," jelasnya lagi.



Simak Video "Maskapai Dunia Ramai-ramai Kandangkan Boeing 737 MAX"
[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)