Erick Thohir Tugaskan BUMN Tanam 111 Ribu Pohon, Bisa Dipanen Warga

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 29 Nov 2021 14:37 WIB
Erick Thohir
Foto: Anisa Indraini

Sementara itu, Direktur SDM, Tata Kelola dan Manajemen Risiko Pupuk Indonesia, Winardi menyebutkan bahwa perusahaan melalui anggota holdingnya, yaitu PT Petrokimia Gresik, melakukan penanaman sebanyak 300 bibit pohon di Kabupaten Pasuruan dan 12.000 bibit di Kota Batu.

Adapun bibit yang ditanam terdiri dari alpukat mentega, alpukat alligator, durian, dan nangka. Jenis ini dipilih karena cocok untuk kegiatan penghijauan atau konservasi.

"Selain dapat menghasilkan oksigen, nilai ekonominya juga bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar, karena dalam tiga tahun sudah bisa panen," ujar Winardi.

Sedangkan Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menambahkan bahwa gerakan penanaman pohon di Jawa Timur ini bekerja sama dengan banyak pihak. Diantaranya dengan perusahaan BUMN yang ada di Jawa Timur seperti PLN, Telkom, Mandiri, BNI, PTPN XI, Perhutani, INKA, SIER, Boma Bisma Indra, Pegadaian, PGN, dan Kimia Farma.

"Alhamdulillah Pak Menteri, di Jawa Timur seluruh BUMN berkolaborasi untuk melaksanakan kegiatan tanam di Jawa Timur," ujar Dwi Satriyo.

Selain BUMN, lanjutnya, kegiatan ini juga melibatkan pemerintah provinsi Jawa Timur, pemerintah Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu, Kodam V/Brawijaya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), hingga masyarakat dari unsur Mahasiswa Pecinta Alamat (Mapala), Gerakan Pramuka, dan pecinta lingkungan lainnya.


(ara/ara)