Erick Thohir Tugaskan BUMN Tanam 111 Ribu Pohon, Bisa Dipanen Warga

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 29 Nov 2021 14:37 WIB
Erick Thohir
Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kemarin memimpin penanaman pohon serentak di tujuh titik. Pihaknya akan menanam 111.000 pohon.

Penanaman pohon serentak berpusat di Kementerian BUMN. Sedangkan titik lainnya adalah di Danau Toba (Sumatera Utara), Way Sekampung (Lampung), Pekanbaru (Riau), Rangkasbitung (Banten), Pasuruan (Jawa Timur), dan Makassar (Sulawesi Selatan) yang dihadiri Eselon I Kementerian BUMN dan direksi BUMN.

PT Pupuk Indonesia (Persero) turut mendukung gerakan BUMN Hijaukan Indonesia dengan melakukan penanaman 12.300 bibit pohon di Jawa Timur. Kegiatan ini adalah bagian dari upaya Kementerian BUMN untuk menyemarakkan Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati secara nasional setiap tanggal 28 November.

Dalam sambutannya, Erick menyebutkan bahwa gerakan ini merupakan bentuk kecintaan terhadap bumi yang diwujudkan oleh BUMN, pemerintah daerah, dan seluruh individu yang terlibat. Apalagi Presiden RI Joko Widodo turut mendukung dan turun langsung ke bawah untuk melakukan gerakan penanaman pohon mangrove.

"Oleh karena itu, BUMN sebagai pembantu presiden ingin mendorong percepatannya melalui 111 ribu pohon yang akan ditanam ke depannya," ujar Erick dalam keterangan Pupuk, Senin (29/11/2021).

Penanaman pohon ini secara nasional diharapkan juga dapat menjadikan udara lebih baik dan bersih, mengurangi dampak dari pemanasan global, menyerap berbagai polusi udara, membantu pencapaian target emisi nol pada tahun 2060, serta menjawab isu dekarbonisasi.

Hasil panen bisa dimanfaatkan. Cek halaman berikutnya.