Andre Rosiade Dukung Penerbangan Garuda Indonesia untuk Haji & Umroh

Mega Putra Ratya - detikFinance
Selasa, 30 Nov 2021 11:41 WIB
Andre Rosiade
Foto: Andre Rosiade
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mendukung penuh penerbangan Garuda Indonesia memberangkatkan jemaah haji dan umrah. Garuda diminta tidak melaksanakan kerja sama codeshare dengan perusahaan penerbangan asing untuk dua hal terkait ibadah umat Islam tersebut.

"Kami senang, Indonesia kembali bisa menerbangkan jemaah haji dan umrah ke tanah suci Mekkah. Garuda kembali bisa mengangkut penumpang secara langsung ke Arab Saudi dengan pesawat sendiri. Tapi tidak bekerja sama dengan maskapai lain khusus haji dan umrah. Semoga ini tetap menjadi komitmen bersama," kata anggota Fraksi Partai Gerindra itu, Selasa (30/11).

Andre mengingatkan Menteri BUMN Erick Thohir dan manajemen Garuda Indonesia memastikan keberangkatan haji dan umrah langsung oleh Garuda Indonesia, bukan perusahaan penerbangan asing. "Jangan sampai umrah dan haji Indonesia diurus maskapai luar negeri. Tentu tidak sejalan dengan kebiasaan dan keberpihakan kita terhadap perusahaan nasional," kata ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

Ketua Harian DPP Sarikat Karyawan PT Garuda Indonesia Tomy Tampaty mengucapkan terima kasih kepada Andre Rosiade yang begitu fokus mengawal persoalan di Garuda. Baik saat di ruang sidang ataupun dalam kegiatan-kegiatan kedewanan. Dia juga berharap Andre membantu memastikan Garuda Indonesia menangani penerbangan umrah dan haji.

"Kami mengucapkan terima kasih pada pak Andre Rosiade, semoga sehat dan sukses selalu. Terima kasih atas semua dukungan pak Andre dan Partai Gerindra selama ini terhadap kelangsungan flag carrier Garuda Indonesia. Semoga Garuda Indonesia bisa terus lebih baik dan tidak melepas penerbangan umrah dan haji," katanya yang juga telah memberikan masukan terkait penerbangan umrah dan haji.

Sebelumnga Tomy dalam keterangan pers tertulisnya 29 November 2021 mengatakan, menyikapi rencana Kementerian BUMN untuk melakukan kerja sama dengan beberapa perusahan penerbangan asing untuk memenuhi adanya keterbatasan penerbangan Garuda Indonesia pada internasional. Sarikat Karyawan Garuda memberikan beberapa masukan.

"Selama ini Garuda Indonesia telah memiliki banyak kerja sama codeshare pada rute internasional dengan beberapa perusahaan penerbangan asing namun tidak untuk penerbangan haji dan umrah. Untuk kerja sama, Garuda juga anggota dari Skytrax atau aliansi penerbangan internasional," katanya.

Dari poin-poin ini, katanya, mereka mengingatkan agar dalam melaksanakan rencana kerja sama codeshare antara Garuda Indonesia dengan perusahaan asing tersebut tidak penerbangan pengangkutan jamaah umrah dan haji Indonesia. Mengingat mayoritas rakyat Indonesia beragama Islam dan mayoritas jamaah lebih senang terbang dengan Garuda.

"Karena beberapa faktor seperti bahasa, makanan dan keramahan awak kabin. Begitu juga secara perusahaan, haji dan umrah ini adalah captive market-nya Garuda Indonesia. Semoga Menteri BUMN bisa mengingatkan manajemen Garuda Indonesia untuk mempersiapkan penerbangan umrah dan haji dengan baik," katanya.



Simak Video "Terbang dengan Garuda Indonesia, Gratis Vaksinasi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ara)