Kabar Baik! Kuota Internet Gratis Kemendikbud Diperpanjang Sebulan

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 01 Des 2021 15:51 WIB
Anak-anak belajar di Aula Kelurahan Jati Rahayu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/7/2020). Pihak kelurahan menyediakan fasilitas ruang belajar ber-AC dan wifi gratis bagi siswa. Tujuannya untuk membantu siswa yang selama ini sulit memenuhi paket kuota internet untuk belajar sekolah.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memperpanjang program kuota internet gratis hingga Desember 2021. Semula bantuan tersebut hanya diperpanjang 3 bulan, dari September sampai November.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti menjelaskan kuota internet gratis diperpanjang karena ada sisa anggaran sebesar Rp 244 miliar.

"Ada sisa dana sebesar Rp 244 miliar ini yang sudah disetujui untuk dimanfaatkan untuk tambahan 1 bulan ke depan. Karena ini anggarannya dari PEN (pemulihan ekonomi nasional) maka tidak perlu proses yang panjang bisa langsung dimanfaatkan untuk perpanjangannya," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Rabu (1/12/2021).

Sementara bantuan yang disalurkan hingga November, dijelaskannya sudah tersalurkan untuk dimanfaatkan hingga pertengahan Desember.

"Terkait dengan bantuan subsidi kuat Alhamdulillah juga semuanya sampai dengan bulan November kemarin sudah tersalurkan untuk dimanfaatkan sampai pertengahan Desember," tambahnya.

Bantuan kuota Kemendikbud 2021 ini diberikan kepada pelajar, guru, mahasiswa hingga dosen tiap tanggal 11-15 setiap bulannya. Subsidi untuk menunjang kebutuhan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) alias belajar online.

Kuota dapat digunakan selama 24 jam untuk mengakses internet untuk lebih dari 300 portal pendidikan dan platform yakni Zoom, Microsoft Teams, Google Classroom, Sekolahmu, Ruangguru, dan Zenius.

(toy/fdl)