ADVERTISEMENT

Minyak Goreng Bikin Inflasi November 2021 Cetak Rekor

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 01 Des 2021 20:00 WIB
Meredam Gejolak Harga Minyak Goreng
Foto: detik

Peran Minyak Goreng dalam Inflasi November

Margo melanjutkan, komponen harga bergejolak memiliki peranan tertinggi terhadap inflasi November 2021 sebesar 0,2%. Selanjutnya komponen inti seperti harga emas perhiasan, sewa rumah serta kontrak rumah sebesar 0,11%, dan komponen harga yang diatur pemerintah sebesar 0,06%.

"Kalau kita lihat tiga terbesar yang memberikan andil terhadap inflasi November, pertama makanan minuman dan tembakau di mana terjadi inflasi sebesar 0,84% dan memiliki andil 0,21%" katanya.

Jika dilihat, komoditas yang dominan memberikan andil terhadap inflasi pada kelompok harga bergejolak adalah minyak goreng dengan andil sebesar 0,08%. Kemudian telur ayam ras dan cabai merah memiliki andil 0,06% dan daging ayam ras memiliki andil 0,02%.

Selanjutnya pada kelompok transportasi terjadi inflasi sebesar 0,51% dengan andil sebesar 0,05%. Ini disebabkan oleh karena kenaikan tarif angkutan.

Kemudian inflasi disumbang kelompok perumahan, air listrik, dan bahan bakar rumah tangga. Inflasi disebabkan karena kenaikan sewa rumah dan kontrak rumah dengan andil masing-masing sebesar 0,01%.

"Sementara itu untuk komponen harga yang diatur pemerintah ini memberikan andil sebesar 0,06%. Ini disebabkan oleh kenaikan tarif angkutan udara, dan juga kenaikan harga rokok kretek filter," kata Margo.


(acd/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT