Produk UMKM Binaan BRI Mejeng di Shopee, Ini Daftarnya

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Kamis, 02 Des 2021 19:27 WIB
UMKM EXPO[RT] Brilianpreneur 2020
Foto: Nurcholis Ma'arif
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar pameran virtual UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021. Hal ini dilakukan untuk memberi panggung bagi industri kreatif Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia menembus pasar global.

Direktur Utama BRI Sunarso berharap gelaran ini dapat menjadi momentum kebangkitan sektor UMKM sebagai penyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pasalnya, UMKM merupakan salah satu tulang punggung ekonomi nasional.

"Program BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah nyata dan komitmen BRI sebagai agent of development untuk turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia," ungkap Sunarso beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan perseroan akan memberikan bimbingan yang berkelanjutan untuk menjangkau pasar yang lebih luas bagi UMKM. Pelatihan ini ditujukan agar pelaku usaha dapat mencapai standar produk internasional.

"Salah satu pembahasan yang diangkat mencakup bidang pemasaran global dan ekspor barang, serta prosedur legal dan administrasi ekspor produk ke mancanegara," jelas Sunarso.

Untuk diketahui, tak hanya tersedia di pameran virtual, produk UMKM unggulan BRI ini pun tersedia dalam Bazaar Online UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 di Shopee sampai 31 Desember 2021. Tercatat ada 330 lebih UMKM pilihan yang mejeng di marketplace tersebut.

Berikut ini beberapa UMKM pilihan yang produknya bisa dibeli di marketplace.

1. Kategori Home Decor & Craft

- PT Gyan Kreatif Indonesia (Naruna Ceramic)

Naruna Ceramic merupakan usaha pembuatan cangkir keramik yang didirikan oleh Roy Wibisono Anang Prabowo pada Oktober 2019. Produk Naruna Ceramic saat ini mengincar segmentasi konsumen kafe-kafe. Untuk di Indonesia pemasaran Naruna Ceramic sudah mencapai Jakarta, Surabaya, Bali, dan Makasar. Desain yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman mendorong Naruna Ceramic untuk dapat menembus pangsa luar negeri, diantaranya adalah Dubai, Qatar, dan Singapura.

- Eank Solo

Eank Solo merupakan usaha produsen sangkar dan aquarium berbahan limbah paralon yang didirikan oleh Eko Alif. Pada Maret 2021 lalu Eko Alif sempat diundang pada acara Industry Innovation Award 2021 untuk menampilkan usaha Eank Solo yang dirintis olehnya.

Halaman Selanjutnya: Kategori Food, Beauty hingga Fashion